Minggu, 03 Januari 2010

Hypochondriasis

DEFINISI
Hypochondriasis adalah gangguan dimana seseorang disibukkan dengan rasa takut mengalami penyakit serius.

Hypochondriasis terjadi paling sering diantara usia 20 dan 30 tahun dan tampak mempengaruhi kedua jenis kelamin secara seimbang. Beberapa orang dengan hypochondriasis juga mengalami depresi atau kegelisahan.

Pada Hypochondriasis, perhatian orang tersebut mengenai penyakit serius seringkali didasarkan pada salah tafsir pada fungsi normal tubuh. Pemeriksaan dan penentraman hati kembali oleh dokter untuk menghilangkan perhatian mereka; orang dengan hypochondriasis cenderung untuk percaya bahwa dokter bagaimanapun juga telah gagal untuk menemukan penyakit yang mendasari.

GEJALA
Hypochondriasis diduga ketika orang yang sehat dengan gejala ringan diasyikkan dengan gejala-gejala yang spesifik dan tidak bereaksi untuk ditentramkan kembali hatinya setelah evaluasi seksama. Hubungan pribadi dan performa kerja seringkali menderita sebagaimana orang tersebut menjadi semakin terarah dengan isu kesehatan.

DIAGNOSA
Diagnosa pada Hypochondriasis dipastikan ketika keadaan berlangsung lama setidaknya 6 bulan dan gejala-gejala orang tersebut tidak dapat dihubungkan dengan depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya.

PENGOBATAN
Pengobatan Hypochondriasis adalah sulit, karena seseorang dengan Hypochondriasis diyakinkan bahwa sesuatu di dalam tubuh adalah kesalahan serius. Penentraman hati tidak menghilangkan perhatian ini. Meskipun begitu, hubungan kepercayaan dengan dokter yang perduli adalah bermanfaat, khususnya jika jadwal kunjungan yang teratur. Jika gejala-gejala orang tersebut tidak cukup hilang, orang tersebut bisa menerima manfaat dari referral kepada terapis untuk penelitian dan pengobatan lebih lanjut, dengan melanjutkan perawatan dokter primer.

Pengobatan dengan Penghambat Reuptake serotonin, kelas antidepresan, kemungkinan efektif. Terapi cognitive-behavior bisa juga meringankan gejala-gejala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar