Minggu, 07 Februari 2010

Pertumbuhan Pada Penis

DEFINISI
Pertumbuhan pada penis kadangkala disebabkan oleh infeksi. Salah satu contoh adalah sifilis, yang bisa menyebabkan pertumbuhan berwarna merah jambu atau abu-abu yang datar (condylomata lata). Juga, infeksi virus tertentu bisa menyebabkan satu atau lebih pertumbuhan kulit timbul yang kecil, keras (kutil kelamin, condylomata acuminata) atau pertumbuhan kecil, keras, lesung (molluscum contagiosum).

Kanker kulit bisa terjadi di sepanjang penis, paling sering terjadi pada kelenjar penis khususnya dasarnya. Kanker mengenai kulit pada penis, tidak umum di Amerika Serikat, bahkan jarang pada pria yang telah disunat. Penyebab kanker pada penis kemungkinan iritasi yang lama, biasanya di bawah kulit khitan. Carcinoma sel squanos terjadi paling umum ; kanker yang kurang umum termasuk penyakit Bowen dan penyakit Paget. Kanker biasanya muncul pertama kali tanpa rasa sakit, daerah yang memerah dengan luka yang tidak sembuh dalam beberapa minggu.


DIAGNOSA
Untuk mendiagnosa kanker pada penis, seorang dokter mengangkat contoh jaringan untuk diteliti di bawah mikroskop (biopsi). Untuk mengobati kanker, seorang dokter bedah mengangkatnya dan beberapa jaringan normal disekitarnya, mengurangi sebanyak mungkin pada penis sebagaimana mungkin. Jika banyak jaringan diangkat, penis seringkali bisa dibentuk kembali dengan operasi.


PENGOBATAN
Kebanyakan pria dengan kanker kecil yang tidak menyebar bertahan untuk beberapa tahun setelah pengobatan. Kebanyakan pria dengan kanker yang telah menyebar meninggal dalam waktu 5 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar