Minggu, 01 Maret 2009

Apabila Terjadi Kebakaran, Apakah Anda tahu Bagaiamana Cara Anda Agar Tetap Aman?

Bayangkanlah situasi berikut ini- Anda berada dalam sebuah ruangan yang dengan cepat penuh dengan asap kebakaran, yang membuat anda tidak bisa melihat. Sehingga keadaan menjadi gelap, panas, ribet dan menakutkan. Pada saat itu mungkin reaksi anda atau instink/respon /reflek pertama anda adalah bersembunyi-jangan lakukan hal ini sebelum api menjadi besar dan semua area terbakar, tanyakan pada orang tua anda apakah mereka mempunyai pintu darurat yang khusus digunakan sebagai jalan keluar dari kebakaran. Jika mereka tidak punya, maka bersama-sama dengan seluruh keluarga untuk menciptakan pintu darurat sebagai jalan keluar pada saat terjadi kebakaran dan lakukan latihan secara teratur 2 kali dalam setahun.

Berikut ini adalah alamat situs untuk mendownload sebuah tool atau perangkat yang dapat anda gunakan untuk membantu anda dalam menciptakan pintu darurat keluar pada saat terjadi kebakaran. Ingatlah, latihan teratur membuat apa yang anda rencanakan menjadi sempurna dan dapat menyelamatkan jiwa keluarga anda dari bahaya kebakaran.

Jangan pernah bermain-main atau mencoba menggunakan korek api atau berhati-hatilah dalam menggunakannya. Korek api sebaiknya hanya digunakan oleh orang dewasa. Tidak kalah penting anda juga perlu berhati-hati pada hal-hal disekitar anda yang bisa menyebabkan kebakaran, seperti kompor listrik, tungku api atau perapian, dan alat pemanas. Merupakan sebuah gagasan dan hal yang baik yaitu dengan menjaga jarak dengan benda-benda tersebut sedikitnya 3 kaki antara diri anda dengan peralatan-peralatan tersebut. Apabila anda mendapati adanya korek api, segera beritahukan pada orang dewasa agar meletakkannya dengan aman sehingga tidak dapat dijangkau oleh anak-anak.

Berikut tips agar tetap aman dari kebakaran:
  1. Pasanglah di rumah anda sebuah alarm yang dapat mengetahui adanya asap kebakaran disetiap tingkat rumah anda dan di sisi luar area dari ruang tidur.
  2. Bantulah orang tua anda dalam melakukan test dan pemeriksaan alarm secara rutin tiap bulan dan mengganti battery alarm setahun sekali.
  3. Buat sebuah pintu atau jalan keluar darurat dan lakukan latihan secara rutin dengan seluruh anggota keluarga. Melakukan latihan pada malam hari setelah tidur akan membantu anda dalam melihat apabila bunyi alarm dapat mebangunkan anda.
  4. Jangan bermain-main dengan korek api atau sumber kebakaran lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar