Minggu, 08 Maret 2009

Cara-cara Penting Menurunkan Faktor Resiko Penyebab Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi manusia. Melalui jantung semua kebutuhan nutrisi, oksigen ke seluruh bagian tubuh dapat terlayani. Penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan dan sangat fatal. jagalah kesehatan jantung anda agar terhindar dari penyakit jantung. Berikut ini adalah cara penting dalam menurunkan faktor resiko timbul dan berkembangnya penyakit jantung.

Ikuti dan jalanakan Diet Sehat Jantung

Berikut ini beberapa aturan sederhana dalam diet sehat untuk jantung yang dapat dengan signifikan menurunkan potensi berkembangnya penyakit jantung dalam diri anda. Berikut secara singkat aturan diet sehat untuk jantung:
  1. Batasi konsumsi trans fat atau trans fatty acid (substansi lemak yang tidak sehat yang dibuat melalui proses kimia hidrogenasi minyak (dimana lemak cair dibuat menjadi lemak padat melalui penambahan atom hydrogen) dan minyak hasil proses kimia dengan penambahan atom atau hydrogenated oils yang ada pada margarine, makanan cepat saji (fast food), dan makanan yang digoreng.
  2. Batasi konsumsi gula pasir murni dari kue, biskuit atau permen manis.
  3. Gunakan tambahan minyak zaitun murni dan bawang putih pada saat memasak, kedua bahan ini dapat menurunkan kolesterol.
  4. Tambahkan asam lemak omega 3 (omega 3 fatty acid) ke dalam diet anda. Sumber terbaik omega adalah dari minyak ikan.
Olahraga teratur

Mengembangkan latihan atau program olahraga sehingga menjadi aktifitas rutin dan menetap setiap harinya dapat menurunkan resiko anda dari penyakit jantung. Berikut ini sedikit tips berolahraga:
  1. Lakukan olahraga 3-4 kali tiap minggunya, untuk setiap kali latihan sedikitnya selama 30 menit.
  2. Jaga rutinitas olahraga anda agar teratur, dan mulailah dengan pelan.
  3. Jangan sampai kekurangan cairan, maka dari itu banyaklah minum air (Sebelum berolahraga, selama berolahraga dan setelah berolahraga)
Tingkatkan gaya hidup sehat anda.

Sebagai tambahan dari diet sehat dan olahraga sebagai cara hidup, anda sebaiknya juga melakukan beberapa hal dibawah ini:
  1. Berhenti merokok dan hindari menjadi perokok pasif, merokok dan menjadi perokok pasif adalah penyebab utama penyakit jantung.
  2. Batasi konsumsi alkohol, konsumsi alkohol yang berlebihan (alkoholisme) dapat mengurangi atau megnhabiskan supply vitamin dan zat gizi lain ke dalam tubuh.
  3. Kurangi stress dan kecemasan anda. Perasaan stress dan cemas dapat mengarah kepada tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.
  4. Jaga berat badan sehat anda. Kegemukan merupakan penyebab penting dari penyakit jantung.
Perhatikan 4 indikator berkembangkanya penyakit jantung:

Pastikan anda melakukan pemeriksaan adanya peningkatan kolesterol, triglyserida (lemak), homocysteine dan tingkat protein C reaktif. Ikuti protokol dibawah ini apabila terjadi peningkatan dari indikator-indikator dibawah ini:
  1. Apabila kadar kolesterol anda tinggi, anda dapat menurunkannya secara alami dengan policosanol, guggulipid dan beberapa ektrak herbal lainnya seperti minyak ikan. Ingatlah, hanya 20 % kolesterol dalam tubuh anda berasal dari apa yang anda makan, dan sisanya yaitu 80 % kolesterol dibuat oleh hati. Guggulipid adalah ekstrak dari resin pokok guggul, Commiphora mukul. Commiphora mukul yaitu sejenis pokok berduri yang berasal dari Arab dan India dan ia dapat tumbuh hingga mencapai dua meter. Gum resin yang berwarna kuning mengandungi bahan aktif yaitu Z dan E-guggulsterone yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah.
  2. Apabila kadar triglyserida anda terlalu tinggi, kurangi konsumsi karbohidrat dan gula. Minyak ikan, vitamin C, guggulipid dan teh hijau adalah cara-cara alami dan aman untuk menurunkan kadar triglyserida darah.
  3. Jika kadar homocysteine darah tinggi, dapat di normalkan kembali dengan mudah dengan konsumsi vitamin B dalam diet, terutama asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12.
  4. Jika kadar Protein C reaktif anda tinggi, hal ini menunjukkan telah terjadi inflamasi di dalam darah. Minyak ikan, jahe dan msm (Methylsulfonilmethan yaitu zat yang mensuplai belerang Aktif secara biologis ke dalam tubuh dalam bentuk zat gizi) yang dapat membantu anda dalam menurunkan inflamasi secara alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar