Selasa, 03 Maret 2009

Kebersihan Tangan dan Kesehatan

Pilek, influenza, sakit perut (karena bakteri, parasit), diare dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui tangan. Berbagi kuman bakteri dengan orang lain dapat terjadi melalui tangan anda, dan menghentikan rutinitas olahraga anda dapat menurunkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Para ahli dibidang kesehatan sepakat bahwa satu hal dapat mencegah penularan penyakit-penyakit tersebut diatas melalui mencuci tangan dan kebersihan tangan, khususnya setelah menggunakan kamar kecil/toilet.

Menggunakan sabun cuci atau gel/jelly pembersih?

Sebagai seorang yang suka bepergian, tentunya anda sering menggunakan fasilitas umum seperti toilet. Fasilitas yang ada pada toilet akan sangat berbeda dan bervariasi dari satu ke tempat dengan tempat lainnya. Ada yang menyediakan sabun cuci dan air, jelly/gel pembersih tangan (hand sanitizer), atau tanpa kedua fasilitas tersebut. Untuk berjaga-jaga sebaiknya pada saat bepergian anda membawa gel/jel pembersih tangan dalam sebuah botol kecil apabila di tempat toilet umum tidak disediakan fasilitas untuk sabun cuci tangan atau gel pembersih tangan. Gel digunakan tanpa menggunakan air, cepat kering dan mudah digunakan serta dapat membunuh bakteri-bakteri yang dapat menularkan beberapa penyakit seperti diare atau sakit perut karena bakteri dan juga pilek. Apabila hanya tersedia sabun dan air, gunakan sabun dan air tersebut hingga berbusa kurang lebih selama 15-30 detik.

Kesehatan tangan, study kesehatan keluarga.

Sebuah study menarik tentang keluarga dengan satu anak pada hari mereka memberikan perawatan pada anaknya dimana mereka memberikan kepada anak pembersih tangan dan cara atau petunjuk penggunaannya, terdapat sebuah group kontrol yang hanya mendapatkan informasi tentang nutrisi. Ada group lain dimana pada group keluarga itu diberikan fasilitas pembersih dikamar mandi, dapur dan kamar perawatan bayi. Mereka juga memberikan petunjuk cara penggunaannya sebelum menyiapakan dan menghidangkan makanan, setelah menggunakan toilet atau mengganti popok bayi.

Hasil penelitian tersebut- pada saat salah satu anggota keluarga sakit gastrointestinal (saluran pencernaan) seperti sakit perut, mereka lebih tidak untuk menular kepada anggota keluarga lain seperti halnya pada keluarga yang tidak menggunakan pembersih tangan, hasilnya menunjukkan penurunan penularan sebanyak 59 %. Pada kasus pilek, influensa, penularan penyakit pada anggota keluarga lain juga dapat dikurangi apabila keluarga menggunakan pembersih atau sanitizer setelah batuk atau bersin dan lain sebagainya.

Gunakan Gel Pembersih tangan agar tetap sehat.

Buatlah sebuah tabung atau botol kecil pembersih tangan sebagai bagian yang penting dalam tas, ransel atau dompet anda. Berbagai macam formula baru baik untuk pelembab maupun pembersih tangan sudah tersedia. Gel jauh lebih lembut untuk tangan anda daripada cuci tangan dengan sabun dan air. Anda masih tetap perlu mencuci tangan anda dengan sabun dan air untuk menghilangkan debu-debu yang jelas terlihat oleh mata, tapi gel pembersih adalah pembersih ideal untuk pembersih tangan pada saat anda bepergian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar