Senin, 16 Maret 2009

Penyakit kardiovaskuler, Kesehatan dan Olahraga, Kenapa Olahraga itu Penting?

Sebagai tambahan dari diet sehat dan pelengkap nutrisi sehat jantung, anda juga harus berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga dapat membantu anda mencegah serta mengobati atau untuk pemulihan penyakit jantung.

Berdasarkan asosiasi jantung amerika (american heart association), anda sebaiknya berolahraga sedikitnya 30-60 menit dengan intensitas olahraga ringan/sedang, selama 3-4 hari tiap minggunya.

Kenapa olahraga itu penting?

Berbagai penelitian dengan yakin membuktikan bahwa menjaga dan meningkatkan kebugaran fisik secara signifikan dapat menurunkan resiko seseorang dari berkembangnya penyakit jantung dan dari gangguan kesehatan atau penyakti lainnya. Olahraga teratur akan menjaga tubuh anda dalam keadaan sehat, dan dengan tubuh yang sehat dapat megnhindari berbagai penyakit dengan lebih baik daripada kondisi tubuh yang tidak sehat.


Berikut ini berbagai variasi jenis olahraga dan mengapa olahraga bisa meningkatkan kesehatan anda?

Olahraga Aerobik

Kata aerobik berarti "menghasilkan/produksi oksigen" dan seperti arti kata aerobik, olahraga aerobik akan merangsang produksi oksigen. Yang termasuk olahraga aerobik yaitu olahraga dimana anda dalam keadaan bergerak, termasuk diantaranya berjalan, berlari, bersepeda, berenang dan lain-lain. Olahraga aerobik seperti yang disebutkan diatas akan membuat denyut jantung anda meningkat dalam periode waktu yang lebar.

Pada saat denyut jantung anda meningkat, hal ini berarti suplai atau aliran darah ke seluruh bagian tubuh bertambah banyak, tersedianya oksigen yang cukup untuk kebutuhan jaringan dan sel tubuh. Olahraga aerobik teratur sangat penting bagi tubuh dalam menjaga kesehatan jantung.

Olahraga Anaerobik

Anaerobic Exercise meliputi waktu yang singkat, intensitas berat, seperti lari cepat dan angkat besi. Olahraga aerobik adalah olahraga terbaik untuk kardio vaskuler (jantung dan pembuluh darah) dan daya tahan tubuh, sedangkan olahraga anaerobik adalah olahraga terbaik untuk kekuatan otot dan fleksibilitas. Keuda jenis olahraga tersebut akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan menghindari terjadinya cedera karena kekuatan otot terlatih.

Apakah sebaiknya melakukan kedua olahraga tersebut?

Meskipun itu tergantung pada waktu dimana anda dapat membagi untuk melakukan olahraga tiap hari, disarankan untuk melakukan kombinasi antara olahraga aerobik dan anaerobik, bila memungkinkan. Dengan cara ini anda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah (cardiovaskular), serta menguatkan kekuatan otot. Melakukan peregangan pada tiap kali olahraga akan dapat melemaskan dan sebagai pemanasan terhadap otot-otot sehinga hal ini dapat menghindarkan anda dari terjadinya cedera fisik.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan berolahraga teratur dan rutin. Keuntungan-keuntungan ini adalah indikator untuk melihat mengapa olahraga itu sangat penting:
  1. Meningkatkan dan memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan efisien - fungsi jantung dan paru.
  2. Meningkatkan dan memperbaiki kekuatan otot dan daya tahan tubuh.
  3. Meningkatkan metabolisme dan tenaga.
  4. Meringankan, menghilangkan ketegangan dan stress.
  5. Meningkatkan lingkup pergerakan dan fleksibilitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar