Kamis, 23 April 2009

Berjuanglah Untuk Hidup Anda; Harapan Baru Untuk Melawan Kanker Payudara

Resiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia, tapi demikain juga kebulatan tekad menghindari atau melawan penyakit. Dan para peneliti mengetahui banyak tentang bagaimana menurunkan kemungkinan dari terserang penyakit atau kambuh kembali dari penyakit.

Kurangi lemak

Dalam penelitian di Harvard, para wanita yang menurunkan 20 pound lemak setelah menopause dan menjaganya, mengurangi resiko mereka terserang kanker payudara sekitar 57 %.

Olahraga

Olahraga juga berpengaruh dalam mengurangi resiko anda terserang kanker payudara, dan “tidak ada kata terlambat untuk memulainya” dikutip dari perkataan Anne McTiernan, M.D., Ph.D, dari pusat penelitian kanker Fred Hutchinson di Seatle. Penelitiannya menunjukkan bahwa dua dan setengah jam olahraga ringan mingguan (jalan santai, berenang atau dansa) menurunkan resiko sekitar 20 %. Lebih jelas tentang olahraga dan resiko kanker payudara baca disini.

Sayur dan Buah

Menurut sebuah penelitian pada University of California di San Diego, para penderita yang selamat dari kanker payudara yang melakukan olahraga dan makan sedikitnya 5 porsi buah dan sayuran tiap hari telah mengurangi kemungkinan kambuhnya kanker payudara daripada mereka yang tidak makan buah dan sayuran.

Kurangi lampu penerangan anda

Baru-baru ini sebuah studi di Israel menemukan bahwa, wanita yang tinggal di kota-kota dengan nyala lampu yang terang di malam hari 73 % lebih mungkin beresiko terserang kanker payudara daripada mereka yang menggunakan penerangan yang paling gelap. Oleh sebab itu, jagalah tempat tidur anda agar tetap gelap/redup di malam hari tapi tidak membuat anda sakit mata, atau mengganggu anda dengan penerangan tersebut yang mungkin dapat melindungi kesehatan anda.

Pemeriksaan Mammogram

Pemeriksaan mammogram berarti kesempatan lebhi besar bagi anda untuk tertolong apabila anda terdiagnosa sebagai penderita kanker payudara. Dan jangan biarkan ibu anda meyakinkan anda bahwa dia terlalu tua sehingga tidak perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan; para peneliti pada University of Texas M.D. Anderson Cancer Center menunjukkan bahwa pemeriksaan Mammography atau mammografi/pencitraan payudara memberi keuntungan dalam kelangsungan hidup pada wanita meskipun mereka berusia 80 tahun. ( Karena pria juga dapat terkena kanker payudara, mereka sebaiknya melakukan pemeriksaan apabila merasakan adanya pembengkakan baru pada payudara apapun bentuknya kepada dokter)

Perhatikan bias umur anda

Beberapa dokter menyarankan dengan hati-hati melakukan chemotherapy/kemoterapi dan radiasi pada wanita yang berusia 50 tahun, 60 tahun atau 70 tahun-walaupun wanita yang lebih tua bisa menerima pengobatan kemoterapi dan radiasi sama baiknya dengan wanita usia 50 tahun. Christa Corn, M.D., seorang ahli bedah payudara pada Phoenix Baptist Hospital & Medical Center di Arizona menyarankan; agar menanyakan semua pilihan pengobatan yang diberikan atau ditawarkan untuk pengobatan kanker payudara, dan apabila dokter anda mengatakan “ tidak pada usia anda”, maka pilih pilihan lain (pilihan terbaik kedua).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar