Senin, 20 April 2009

Cara-cara Meningkatkan Kesehatan Mental/Otak.

Pada artikel berikut ini beranggapan "kesehatan mental" dalam pengertian "kapasitas intelektual" atau "kesehatan cerebral/otak". Tidak membicarakan atau menunjuk pada penyakit atau ganguan jiwa/psikiatrik. Berikut beberapa hal dan tips serta trik sederhana yang dapat anda lakukan untuk kesehatan mental/otak anda. Jadikan hal-hal berikut sebagai bagian dan rutinitas dalam kehidupan anda yang menyenangkan sekaligus berguna bagi kesehatan mental/otak anda:

1. Membaca

Membaca membiarkan dan membuat pikiran anda menguraikan/menerjemahkan, membeda-bedakan, melakukan interpretasi dan berinteraksi. Membangunkan rasa keingintahuan, intelektual atau kecerdasan anda akan tertantang, dan pikiran anda akan terjaga dan selalu anda gunakan.

2.Menulis

Tindakan menulis sebuah catatan akan merangsang proses-proses mental dalam diri anda. Tujuan menulis catatan menyediakan dan memberikan kita sebuah cara untuk menejelaskan dan mengatur pikiran kita.

Bbeberapa orang menyukai dan selalu menulis jurnal dan diary atau buku harian sebagai suatu cara melepaskan pikiran dan emosi. Menulis dalam kapasitas ini adalah sebuah cara yang baik sekali untuk meningkatkan kemampuan dalam mengamati dan mengingat kembali.

3. Menghafal.

Ketika sesuatu hal menjadi kenangan, "menggunakannya atau kehilangannya adalah sebuah rekomendasi yang adil. Semakin banyak anda menggunakan kemampuan memori atau daya ingat anda, semakin baik pula kemampuan otak/mental anda dalam mengingat hal-hal tersebut.

Cobalah menghafal menulis ke dalam agenda, daftar belanjaan yang akan anda beli, atau pernyataan, mengacu pada catatan-catatan penting. Tindakan menulis suatu tulisan akan merangsang dan menstimulasi daya ingat anda. Anda bisa juga mencoba menghubungkan datu hal dengan hal lainnya untuk mengingatkan ingatan anda.

4.Bermain dan Olahraga Otak.

Apakah ilmu matematika, ilmu science atau logika alam, permainan atau game untuk otak membantu menajamkan kejernihan mental/otak anda. Contoh bentuk permainan atau game seperti itu yaitu puzzle teka-teki silang (crossword puzzles), acrostic atau cryptic puzzles, ilusi grafis (graphic illusions" grafis, atau "brain teasers" yang menantang otak anda.

Acrostic yaitu suatu susunan kata-kata, puisi atau tulisan semacamnya, yang mana huruf pertama di setiap baris, atau setiap paragraf, ataupun hurup akhir mengalami pengulangan khusus, yang jika disusun dapat dibaca sebagai sebuah pesan.

contoh Acrostic

JANet was quite ill one day.
FEB
rile trouble came her way.
MAR
tyr-like, she lay in bed;
APR
oned nurses softly sped.
MAY
be, said the leech judicial
JUN
ket would be beneficial.
JUL
eps, too, though freely tried,
AUG
ust ill, for Janet died.
SEP
ulchre was sadly made.
OCT
aves pealed and prayers were said.
NOV
ices with ma’y a tear
DEC
orated Janet’s bier.

Melakukan jenis-jenis puzzle dan permainan tersebut adalah suatu cara yang menyenangkan bagi anda untuk menjaga pikiran anda tetap fokus dan tertantang.

5.Menikmati Musik

Menurut sejarah, musik selalu menjadi bagian dari perayaan kesenangan dan juga kemeriahan. Hanya saja baru-baru ini telah dipelajari bahwa terapi musik dapat membantu menurunkan stress, menstimulasi atau merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu daya ingat.

Anda akan mendapatkan pengaruh positif dari mendengarkan musik, memainkan instrumen musik, berdansa atau menyanyi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar