Rabu, 29 April 2009

Lima Bahaya Utama Dirumah Yang Tersembunyi.

Agensi keselamatan Amerika Serikat menempatkan alat mainan magnetik sebagai bahaya yang mematikan. Apakah itu di apartemen, tempat tinggal satu keluarga besar, rumah adalah sebuah tempat yang bisa difungsikan mampu memberikan anggota keluarga suatu perasaan aman dan nyaman dan keselamatan. Bagi kebanyakan keluarga di amerika, suatu kecelakaan di rumah atau berakibat sampai meninggalnya seseorang yang dicintai dapat mengubah tempat yang menyenangkan ini menjadi sebuah tragedi.

Setiap tahundi amerika serikat, 33.1 juta orang mengalami kecelakaan, luka-luka dikarenakan pemakaian barang-barang atau peralatan di dalam rumah. Sebuah lembaga komisi keselamtan produk konsumen dari amerika (CPSC/U.S Consumer Product Safety Commission), megnidentifikasi 5 bahaya utama dirumah yang tersembunyi-yang berhubungan dengan produk atau perlatan yang digunakan orang setiap hari di rumah, tanpa mengesampingkan bahaya-bahaya yang dapat mereka timbulkan. Bahaya di rumah tersebut seringkali tidak terlihat atau tidak diperhatikan oleh konsumen pemakai produk.

“Rumah adalah tempat dimana orang merasa nyman dan aman, tapi perhatian dan kesadaran yang terus menerus dilakukan adalah faktor kunci menjaga rumah tetap aman dan menyelamatkan, “dikutip dari perkataan ketua komisi CPSC”. Lembaga CPSC di amerika serikat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan adanya bahaya tersembunyi di sekitar rumah agar bisa membantu para konsumen dari bahaya-bahaya tersebut. Bagaimana dengan lembaga semacam ini di indonesia, adakah lembaga yang bergerak dibidang ini?

Dengan tanpa atau sangat sedikitnya investasi, insiden dan kejadian kecelakaan, cedera, luka-luka dari potensi bahaya-bahaya yang tersembunyi di rumah bisa dilakukan upaya pencegahan. Secara sederhana dengan sadar akan adanya 5 bahaya utama yang tersembunyi di dalam rumah, banyak nyawa dapat terselamatkan dan terhindar dari kecelakaan atau cedera atau bahaya dari pemakaian produk tersebut.

Bahaya Magnet

Jaman sekarang magnet di bumi kita ini dapat sangat kecil dan sangat kuat, membuat mereka sangat terkenal dalam dunia mainan anak-anak, perlengkapan bangunan, dan barang-barang perhiasan. Ketika jumlah produk-produk bermagnet meningkat, demikian juga jumlah dan angka cedera, kecelakaan, luka, bahaya terhadap anak juga meningkat.

Dalam beberapa ratus kejadian, magnet sudah terkenal dalam mainan anak dan sangat disenangi oleh anak-anak. Apabila 2 atau lebih magnet atau sebuah magnet dan benda metal/logam lainnya diterima secara terpisah, mereka dapat menarik satu dengan yang lain melalui dinding-dinding usus dan terjebak di dalamnya. Cedera atau luka yang terjadi sangat sulit terdiagnosa. Para orang tua dan dokter mungkin berpikir bahwa material tersebut akan keluar tanpa menimbulkan akibat apapun, tapi magnet dapat tertarik di dalam tubuh dan membelit atau menjepit usus, menyebabkan timbulnya lubang/perforasi usus, sumbatan dan bahkan kematian, jika tidak terobati dengan benar dan sedini mungkin.

Tips: awasi dengan benar bila kehilangan magnet dan benda-benda magnetik dan jauhkan dari anak-anak kecil (usia kurang dari 6 tahun). Apabila anda mempunyai produk-produk yang didaur ulang dengan magnet, berhentilah menggunakannya, telpon sekarang perusahan tersebut dan mintalah perbaikannya.

Bahaya Produk Daur ulang

Lembaga CPSC di amerika serikat sangat konsen efektif dalam menarik produk-produk berbahaya dari toko-toko dimana barang dijual, seperti mainan daur ulang, pakaian, barang perhiasan anak, perkakas, peralatan, elektronik dan elektrik. Tapi sekali produk sudah dibeli dan di rumah, konsumen harus mewaspadai produk-produk tersebut. Konsumen perlu memperhatikan informasi terbaru tentang produk yang aman untuk menjaga dan mencegah bahaya produk daur ulang jauh dari semua anggota keluarga. Bagaimana dengan di indonesia? Sudahkan memperhatikan hal-hal seperti ini?

Tips: Jangan gunakan produk berbahaya, keluargan produk tersebut dari dalam rumah anda.

Bahaya Kejatuhan Benda Berat

Perkakas mebel rumah tangga, TV, dan kompor bisa terbalik dan berbahaya bagi anak kecil di rumah. Kematian dan cedera, luka-luka terjadi ketika anak menaikinya, tertimbun atau kejatuhan atau naik ke atas meja televisi, rak, lemari buku, lemari, meja tulis, dan produk furniture dan lainnya. Penempatan tv di atas perkakas mebel atau furniture dapat ambruk menyebabkan trauma kepala dan cedera lainnya. Benda-benda yang tertinggal di atas televisi atau furniture seperti mainan anak, remote kontrol dan benda lainnya yang menarik mungkin menjadikan anak tertarik untuk naik dan mengambilnya sehingga berpotensi bisa ambruk dan kejatuhan tertimpa tv, furniture dan benda lainnya.

Tips : Periksa kembali bahwa furniture atau perkakas mebel lainnya dalam kondisi stabil dan tidak mudah goyah atau ambruk. Untuk tambahan keamanan, ikat atau rekatkan dengan lantai atau mengikatnya erat ke dinding. Kompor yang berdiri bebas sebaiknya dipasang siku-siku pada tiap ujungnya supaya berdiri tegak dan tidak berpotensi ambruk terbalik.

Bahaya Jendela dan Tirai Jendela

Anak-anak dapat terlilit, tercekik pada korden jendela dan kawat yang samar/tidak terlihat yang dapat membentuk sebuah lilitan dan menjerat. Para orang tua sebaiknya menggunakan seminimal mungkin korden yang samar terlihat atau menjaga konden dan mengikatnya secara permanen agar jauh dari jangkauan anak-anak.

Para konsumen sebaiknya mengurangi korden yang bersifat memberi jeratan dan memasang rumbai yang aman pada paling akhir dari masing-masing tarikan atau menggunakan alat untuk membatasi gerak, dan memasang korden bagian dalam untuk mencegah terjadinya lilitan yang bisa mencekik. Jangan pernah menaruh tempat tidur anak atau tempat bermain anak dekat dengan jendela yang samar terlihat dan bias terjangkau oleh anak.

Bahaya jendela tidak akan pernah habis dengan penutup dan korden model tarik. Anak-anak senang bermain di sekitar jendela. Dan buruknya adalah anak-anak dapat mengalami kecelakaan hingga meninggal jika mereka jatuh dati jendela. Jangan andalkan tirai jendela. Tirai jendela itu dirancang untuk mencegah masuknya hama, serangga, nyamuk masuk ke dalam rumah bukan untuk menahan anak.

Tips: Usaha perlindungan jendela: perbaiki ujung tarikan korden di dalam jeratan dan pasang petunjuk jendela atau jangan anda gunakan apabila rusak.

Bahaya Kolam renang dan saluran spa atau pemandian air.

Penyedot saluran kolam renang dapat sangat kuat dan dapat menahan orang dewasa dan terjebak di dalam air, tapi kebanyakan insiden terjadi dan korbannya adalah anak-anak. Tubuh korban dapat menjadi penutup saluran air yang rusak atau rambut korban dapat tertarik ke dalam dan terjerat dalam saluran.

Penutup saluran yang rusak atau hilang adalah sebab utama terjadi banyaknya insiden terjebaknya korban dalam kolam renang. Kolam renang dan spa atau tempat pemandian air panas perlu pemasangan sebuah system yang dikenal dengan Safety Vacuum Release System (SVRS), yang berfungsi mendeteksi adanya saluran yang tertutup dan sistem ini akan bekerja secara otomatis mematikan pompa kolam renang atau memutus sirkulasi air untuk mencegah terjadinya insiden jebakan/terperangkap pada saluran kolam renang.

Tips: Setiap kali anda menggunakan kolam renang atau spa atau tempat pemandian air, telitilah dan perhatikan bahaya-bahaya jebakan yang ada dalam kolam renang atau tempat pemandian spa. Periksa untuk memastikan penutup saluran benar-benar layak, baik, ada di tempatnya dan tidak rusak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar