Selasa, 21 April 2009

Mengatasi Sakit Lutut Ringan

Lutut bisa tiba-tiba terasa sakit, tanpa memandang faktor usia. Hal itu bisa diakibatkan berbagai alasan, termasuk cedera dan radang sendi atau artritis.

Jika rasa sakit yang Anda rasakan terasa berat, sebaiknya segera diperiksa oleh dokter, sementara rasa sakit yang ringan jangan sampai memperlambat langkah Anda.

Sebagian orang berusaha mengabaikan rasa sakit tersebut. Padahal hanya dengan beberapa hal sederhana dapat membuat Anda kembali tersenyum lega saat melangkahkan kaki.

Beberapa saran dari U.S. National Library of Medicine untuk membuat rasa sakit ringan pada lutut terasa lebih baik, antara lain:

* Jangan panik jika Anda merasakan sakit pada lutut. Jaga keseimbangan tubuh dan hindari memaksakan terus berjalan.
* Dinginkan lutut Anda dengan es secara teratur. Pada hari pertama Anda merasa sakit, gunakan es selama 15 menit setiap jam. Pada hari kedua dan seterusnya, gunakan es setidaknya empat kali per hari.
* Posisikan lutut Anda dalam keadaan tinggi. Coba tidur dengan lutut disangga dengan bantal atau letakkan bantal diantara kedua lutut.
* Kenakan penahan lutut atau perban pada lutut.
* Jika memungkinkan, konsumsi obat bebas yang menandung acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada lutut. (healthday/rin)

Sumber : republikaNewsroom

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar