Minggu, 05 April 2009

Menjaga Otak Tetap Aktif Bekerja, Mengapa dan Bagaimana?

Menyambung artikel sebelumnya tentang Beberapa Tips Untuk Otak Sehat yang salah satu tipsnya adalah Jaga pikiran atau otak anda agar tetap bekerja atau selalu anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan salah satu tips tersebut. Dalam artikel berikut juga akan dibahas cara-cara menjaga otak agar tetap bekerja dimana fungsi otak akan mengalami kemunduran mental.

Kemuduran mental seperti yang ditunjukkan dengan usia anda sebagain besar berkaitan dengan perubahan hubungan diantara sel-sel otak. Tapi, penelitian telah menemukan bahwa tetap menjaga otak selalu aktif terlihat dapat meningkatkan vitalitas otak dan dapat membangun hubungan dan cadangan sel-sel otak. Bahkan dengan melatih dan menjaga otak tetap aktif, anda dapat menghasilkan sel-sel otak baru.

Tingkat pendidikan yang rendah diketahui berkaitan erat dengan resiko tinggi terjadinya Alzheimer pada seseorang di kemudian hari. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan rendahnya tingkat stimulasi mental jangka panjang semasa hidup seseorang. Pada kondisi yang sebaliknya, tingkat pendidikan yang tinggi menunjukkan sedikit banyak dapat melindungi dari penyakit Alzheimer (efek protektif), kemungkinannya karena lebih kuatnya sel-sel otak dan hubungan diantaranya sel-sel tersebut. Meskipun pada individu-individu dengan pendidikan yang baik tetap dapat berpotensi terserang Alzheimer, tapi gejalanya muncul lebih lama yang dikarenakan karena efek protektif seperti yang disebutkan diatas.

Anda tidak harus membuat perubahan ekstrem untuk meraih beberapa keuntungan keuntungan itu. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana dan kecil, seperti jalan santai tiap hari. Setelah beberapa waktu, tambahkan perubahan-perubahan kecil lainnya.

Jaga otak anda agar tetap aktif setiap hari dengan hal-hal berikut ini:
  1. Selalu ingin tahun dan terlibat-kommit untuk belajar semasa hidup anda.
  2. Membaca, menulis, mengerjakan teka-teki silang atau puzzle.
  3. Menghadiri ceramah atau perkuliahan umum dan ikut serta aktif didalamnya
  4. Ikut serta dalam kursus-kursus pada pusat-pusat pendidikan, komunitas mahasiswa dan kelompok-kelompok komunitas lainnya.
  5. Bemain game
  6. Berkebun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar