Sabtu, 25 April 2009

Tips Sehat Mengembangkan Kebiasaan, Perilaku dan Gaya Hidup Sehat Pada Anak-anak

Kebiasaan dan pola hidup sehat sebagai latihan yang teratur dan selalu dilakukan serta diet sehat dimulai dari dalam rumah, dan siapapun sebaiknya memulainya dari usia masih muda. Assosiasi jantung amerika serikat (American Heart Association) memberikan saran-saran yang bisa membantu anak anda dalam mengembangkan dan menciptkan perilaku, gaya dan pola hidup sehat agar tetap sehat dalam hidupnya. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut yang dapat membantu anak dalam mengembangkan dan menciptakan kebiasaan hidup sehat:
  1. Berikan contoh yang baik mengenai hidup dengan gaya dan pola hidup sehat dalam diri anda sendiri.
  2. Menciptakan aktifitas olahraga keluarga yang mengikutsertakan semua angota keluarga. Buat waktu keluarga untuk olahraga setiap hari, pilihlah olahraga dan permainan yang bisa membuat semua anggota keluarga merasa senang dan menikmati olahraga serta permainan tersebut.
  3. Batasi jumlah waktu bagi anak anda dalam menonton televisi, bermain video game atau komputer.
  4. Ciptakan sebuah goal/sasaran pencapaian untuk anak anda, seperti jumlah waktu yang ditentukan dalam aktifitas fisik atau olahraga setiap hari atau batasan-batasan jumlah makanan yang tidak sehat yang diperbolehkan dimakan oleh anak-anak.
  5. Dukung dan berikan hadiah atau reward atas perilaku, kebiasaan, pola, gaya hidup sehat yang dilakukan anak, tapi jangan dalam bentuk makanan.
  6. Membuat makan malam denagn diet sehat dalam keluarga yang diikuti semua anggota keluarga setiap malam.
  7. Ajarkan anak-anak anda untuk membaca label makanan yang berisi komposisi makanan, dan untuk mengenal dan memahami makanan mana saja yang sehat dan makanan yang mana saja yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar