Senin, 04 Mei 2009

Apakah Rumah Anda Aman Bagi Keluarga Anda

rumah sehat keluarga sehat
Panda-pandailah ketika anda menggunakan, menyimpan dan menempatkan produk rumah tangga yang berbahaya. Tahukah anda bahwa produk-produk rumah tangga yang anda gunakan untuk kebersihan, pertukangan kayu atau perbaikan dan berkebun dapat mengandung bahan-bahan yang dapat merugikan, menyakiti anda, keluarga anda dan lingkungan anda?

Produk-produk yang anda gunakan tersebut mungkin merugikan, menyakiti anak-anak anda dan hewan peliharaan anda, menyebabkan cedera, luka-luka fisik bagi kebersihan para pekerja apabila mengeluarkan rosokan sampah terus menerus dan tercemar oleh septic tank atau air tanah yang kotor dialirkan kesaluran air dan toilet.

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lalukan sebagai petunjuk keselamatan dan keamanan keluarga, rumah dan lingkungan komunitas anda.

Selalu

Baca Etiket/Label/keterangan produk

Sebelum anda membeli sebuah produk, peralatan, selalu periksa produk label yang ada pada produk yang anda beli. Perhatikan dan lihat label yang terbaca “DANGER”, “WARNING”, “CAUTIN”, “TOXIC”, “CORROSIVE”, “ FLAMMABLE”, atau “POISON”. Peringatan-peringatan tersebut memberitahukan kepada anda apabila sebuah produk tersebut berbahaya, merugikan anda, keluarga anda dan lingkungan serta bagaimana cara menggunakan, menyimpan dan menempatkan atau membuangnya secata aman.

Beri perhatian penuh label pada:
  1. Drain Opener (profuk-produk pembuka saluran, biasanya dalam bentuk cairan bahan kimia)
  2. Oven Cleaner
  3. Produk oli kendaraan bermotor dan bahan bakar tambahan.
  4. Thinner cat, pemaras dan pembersih.
  5. Pelumas dan pembersih karat.
  6. Lem perekat
  7. Pembunuh seranggga, hama atau rumput liar.
  8. Pembersih jamur dan lumut
Jaga produk-produk terebut dalam tempat aslinya dan simpan secara aman jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan pernah
  1. Menuangkan bahan-bahan, produk-produk rumah tangga berbahaya ke dalam bak pencucian, toilet atau saluran bak mandi kecuali produk atau bahan-bahan tersebut dibuat untuk tujuan itu.
  2. Menuangkan produk, bahan-bahan seperti oli atau pembunuh hama atau serangga ke dalam tanah atau ke dalam saluran air yang deras.
  3. Menyimpan sisa produk, bahan-bahan berbahaya ke dalam botol atau tempat makanan dan minuman anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar