Jumat, 15 Mei 2009

Beberapa Obat Yang Dapat Menyebabkan Hipertensi

Berbagai jenis obat, termasuk diantaranya obat-obat yang dijual bebas di toko obat, dapat meningkatkan tekanan darah (lihatlah obat-obat yang dapat menaikkan tekanan darah dibawah ini). Resep obat-obat tertentu dari dokter yang digunakan untuk penyakit autoimmune seperti jenis glucocorticoid (juga disebut dengan corticosteroid), cyclosporine, dan tacrolimus akan berdampak pada penyempitan pembuluh darah diseluruh tubuh (vaso konstriksi pembuluh darah), seperti yang terjadi pada beberapa obat perantara pengobatan kanker.

Hipertensi bisa juga merupakan hasil efek samping dari obat decongestan yang digunakan pada hidung (nasal decongestant), anabolic steroid, atau dari golongan obat anti depresi (antidepressant) dari golongan MAO inhibitor, seperti halnya obat-obat anti inflamasi non steroid atau golongan obat NSAIDs /nonsteroidal anti-inflammatory drugs/NSAIDs (seperti Aleve, Advil), Rofecoxib (Vioxx), suatu COX-2 inhibitor (jenis obat anti rasa sakit), juga menyebabkan hipertensi, namun obat-obat jenis ini telah ditarik peredarannya dari pasar dikarenakan berhubungan dengan efek obat yang meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Sebagai tambahan, NSAIDs dan mungkin beberapa obat golongan COX-2 inhibitor dapat menyebakan disfungsi organ ginjal, dan pada beberapa kasus berpengaruh pada sistem kardiovaskuler (sistem jantung dan pembuluh darah), oleh sebab itu konsultasikan faktor-faktor resiko yang ada dalam diri anda dengan dokter pada saat akan atau sedang mempertimbangkan menggunakan obat-obat secara teratur untuk pengobatan anda.

Obat dekongestan (decongestant) ditemukan pada kebanyakan obat-obat yang dijual di toko obat yang digunakan untuk pengobatan pilek, influensa, dan obat-obat alergi serta pada banyak suplemen penurun berat badan bisa menaikkan tekanan darah dan bertentangan dengan obat-obat yang digunakan untuk pengobatan hipertensi. Untungnya, beberapa obat pilek, batuk dan influensa diformulasikan secara khusus bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, apabila anda minum obat-obatan untuk pengobatan hipertensi, alangkah baik dan bijaksana untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mmemutuskan minum obat apapun yang dapat anda beli secara bebas di toko-toko obat dan apotik.

Segera setelah pil-pil kontrasepsi beredar di pasaran pada tahun 1960-an, para peneliti menemukan bahwa pil kontrasepsi itu dapat meningkatkan tekanan darah, dan terkadang dengan tingkat bahaya yang tinggi. Sebagai hasilnya, mereka menemukan peningkatan resiko terjadinya hipertensi pada wanita, terutama pada mereka perokok.

Namun, kontrasepsi pil tersebut yang awalnya mengandung dosis yang sangat tinggi akan estrogen dan progesteron daripada formula yang dikerjakan saat ini. Sekarang, umumnya kontrasepsi pil lebih kecil dalam berpotensi menjadi penyebab hipertensi, dan apabila terjadi hipertensi, hal ini biasanya terjadi pada wanita perokok, overweight atau kegemukan, atau pada wanita usia diatas 35 tahun. Pada kasus seperti ini, tekanan darah biasanya kembali normal setelah wanita berhenti minum pil kontrasepsi.

Menelan timah dan kadmium juga bisa menyebabkan hipertensi.

Daftar obat-obat yang bisa menaikkan, meningkatkan tekanan darah:
Obat-obat yang biasanya didapatkan dengan resep dokter
  1. Estrogens
  2. Tricyclic antidepressants
  3. MAO inhibitors
  4. Lithium
  5. Cyclosporine
  6. Anabolic steroids
  7. Bromocriptine
  8. Disulfiram
  9. Ergotamine
  10. Erythropoietin
  11. Glucocorticoids or corticosteroids (seperti prednisone)
  12. Tacrolimus
Obat-obat bisa diperoleh tanpa resep dokter atau dijual bebas ditoko obat dan apotik:
  1. Obat anti inflamasi non steroid, meliputi, ibuprofen, aspirin, indomethacin, naproxen.
  2. Phenylephrine (banyak ditemukan pad obat semprot hidung)
  3. Obat-obat sympathomimetic, suatu obat berkategori luas yang termasuk didalamnya semua obat-obat yang merangsang sistem syaraf pusat dan melebarkan pembuluh darah, seperti obat-obat yang ditemukan pada dekongestan, obat-obat alergi dan asma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar