Jumat, 01 Mei 2009

Tip dan Trik Kesehatan Sendi

Setiap orang ingin sehat dan tetap sehat dalam hidupnya. Kesehatan ini termasuk kesehatan sendi, setiap orang pasti menginginkan tips dan trik sehat termasuk juga tip dan trik kesehatan sendi untuk membantu menjaga dan membuat sendi menjadi sehat dan tetap sehat. Kesehatan sendi membuat pergerakan menjadi lebih banyak dan fleksibel bagi tiap orang. Hal ini penting bagi siapa saja yang ingin sehat khususnya pada masa usia lanjut.

Sendi yang sehat dapat memberikan kebebasan yang anda perlukan dalam kehidupan yang aktif. Sendi yang sehat juga meminimalkan rasa nyeri saat ini dan masa yang akan datang. Ada beberapa tip dan trik yang dapat membantu menjaga sendi yang sehat. Ada tiga tip utama atau trik yang seseorang sebaiknya mengingat ketika berkeinginan memperoleh sendi yang sehat.
  1. Lakukan beberapa olahraga
  2. Dinginkan Persendian dengan es
  3. Pertahankan berat badan sehat.
Tips pertama bukanlah sebuah trik, tapi lebih dari sebuah pilihan gaya hidup. Lakukan beberapa olahraga. Menggunakan sendi-sendi akan menjaga sendi-sendi tersebut dari kekakuan sendi. Sendi yang kaku tidak memberikan atau membiarkan pergerakan yang bebas. Pergerakan yang terbatas dalam sendi-sendi berarti mengurangi aktifitas tubuh seseorang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada sendi, yang mana tak seorangpun menginginkannya.

Olahraga yang dilakukan perlu divariasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada sendi-sendi. Ada tiga jenis olahraga yang berbeda yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan persendian. Jenis pertama adalah olahraga aerobik yang berdampak rendah atau tidak membebani tubuh (tidak sampai kelelahan) dan akan memberikan pergerakan sendi tanpa ketegangan. Jenis olahraga yang baik seperti berenang, jalan santai atau bersepeda. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal seseorang sebaiknya mencoba melakukan olahraga dengan gerakan ringan 2 kali dalam seminggu.

Tip olahraga berikutnya akan membantu sendi-sendi menjadi sehat adalah melakukan beberapa olahraga yang akan menguatkan sendi-sendi dan tubuh anda. Yang termasuk olahraga ini seperti angkat beban atau latihan olahraga dengan mengerahkan cukup atau energi tinggi, seperti kickboxing atau pilates. Cobalah untuk melakukannya 2 kali dalam seminggu. Untuk yang itu mungkin tidak bisa bangun dan melakukan olahraga yang menguatkan dengan tenaga yang banyak, cobalah beberapa olahraga yang memperkuat sendi yang tidak terlalu berat dan membebani. Beberpa olahraga dengan efek yang tidak terlalu berat antara lain: duduk di bangku/kursi dan menggunakan beban atau botol berisi air untuk memulai menguatkan sendi-sendi. Atau mulailah dengan melakukan tugas-tugas rumah sederhana dan melakukan pergerakan besar pada saat melakukannya.

Olahraga yang selanjutnya sebaiknya dilakukan untuk memperoleh sendi-sendi yang sehat adalah beberpa olahraga stretching/peregangan dan latihan relaksasi. Hal ini bisa dalam bentuk jenis olahraga yoga teratur dan rutin, atau gerakan sederhana yang secara rutin dilakukan yang mana gerakan ini membiarkan sendi-sendi dan tubuh menjadi meregang. Anda perlu melakukan peregangan pada bagian-bagian tubuh seperti leher, bahu, lengan, tangan, pergelangan tangan, jari-jari, punggung, pinggul, lutut, dan kaki. Hal ini sebaiknya dilakukan satu minggu penuh. Keseluruhan dari 3 jenis olahraga tersebut sebaiknya dilakukan sebagai alternatif dan sebaiknya tidak atau jangan terlalu berat atau membebani tubuh dan berakibat kelelahan dan efek buruk lainnya bagi tubuh.

Trik berikutnya yang turut berperan bagi kesehatan sendi adalah mendinginkan sendi. Hal ini khususnya berlaku pada sendi-sendi setelah melakukan olahraga dan pada sendi-sendi yang sakit/cedera. Hal ini dapat anda lakukan dengan es, es akan mencegah pembengkakan dan dapat membantu mengurangi nyeri yang mungkin dirasakan pada sendi anda.

Tips selanjutnya adalah menjaga berat badan yang sehat. Trik tubuh yang sudah sempurna dilakukan adalah menopang banyak berat badan pada sendi yang kecil. Hal ini terutama berlaku untuk sendi lutut. Lutut menopang seluruh berat badan tubuh anda. Semakin banyak berat badan yang ditopang oleh lutut untuk membawa bantalan berlebih yang disediakan oleh tulang rawan yang kelelahan dan berakibat nyeri. Hanya dengan mengurangi 11 pound berat badan anda dapat menurunkan nyeri arthritis pada wanita sekitar 50 %. Itu adalah jumlah pengurangan rasa nyeri yang cukup besar.

Kesimpulan

Kebanyakan pria dan wanita yang ingin memiliki, menjaga atau mendapatkan sendi yang sehat, mereka dapat mencoba tips dan trik di atas. Untuk memulainya adalah dengan tips pertama yang mungkin akan menuntut beberapa perubahan dalam pola dan gaya hidup, tapi seseorang perlu melakukan beberapa olahraga yang akan menguatkan dan meregangkan sendi-sendi mereka. Trik berikutnya adalah mendinginkan sendi dengan menaruh es pada sendi khususnya pada sendi yang sudah melakukan olahraga atau pada sendi yang cedera/sakit. Hal ini akan membantu mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada sendi. Tips ketiga adalah mencoba, mempertahankan serta mendapatkan berat badan yang sehat sesuai BMI (Body Mass Index-indek massa tubuh), sehingga tubuh tidak membawa berat badan yang berlebihan sehingga berakibat keletihan dan ketidaksehatan sendi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar