Selasa, 19 Mei 2009

Tips Belajar Cara Menjaga Kesehatan Mata Dan Melindungi Mata

Make-up atau cara dandan, bersolek yang benar dapat menjadi aksesori atau pelengkap yang sempurna apapun pakaian yang kita kenakan. Tapi, satu hal yang tidak pernah ada dalam gaya adalah infeksi mata. Suatu pernyataan dari Prevent Blindness America menyatakan bahwa penggunaan produk kosmetik mata yang tidak benar dapat berakibat pada infeksi mata, iritasi dan luka-luka pada kornea mata. Dan, para pemakai lensa kontak (contact lens) sebaiknya menerima tindakan pencegahan ekstra ketika produk kosmetik sering menjadi sumber penyebab timbulnya gangguan pada mata bagi pengguna lensa.

Bagaimana kita bisa melindungi mata kita?

Menggunakan produk kosmetik mata dan lensa kontak dengan benar dapat membantu menjaga kesehatan mata dan tetap cantik serta indah. Berikut beberapa tips untuk melindungi mata kita:
  1. Jangan pernah gunakan sampel makup (make-up tester) mata atau make up mata yang masih dalam uji coba yang dijual di toko-toko atau menggunakan dan berbagi make up mata dengan atau milik orang lain.
  2. Cucilah tangan anda sebelum memakaikan kosmetik pada mata. Beberapa bakteri yang terdapat pada tangan dapat menular dari tangan ke mata anda.
  3. Kelembaban dapat mempercepat pertumbuhan bakteri, maka dari itu jangan membasahi kosmetik anda dengan air atau air liur/ludah.
  4. Membuang produk kosmetik mata setelah digunakan selama 3 bulan dari waktu pembelian, hal ini berdasarkan anjuran dari the American Academy of Ophthalmology (AAO).
  5. Selalu memakai makeup di bagian luar dari garis bulu mata untuk menghindari kontak langsung dengan mata yang bisa berakibat iritasi, atau luka pada mata.
  6. Jangan pernah menyimpan kosmetik di dalam ruangan yang sangat panas atau dingin (seperti mobil), karena hal ini bisa merusak bahan pengawet, membiarkan bakteri tumbuh dan berkembang.
  7. Jangan memakai make-up mata ketika sedang menyetir dalam kondisi mobil bergerak atau mengendarai kendaraan.
  8. Jangan pernah memakai kosmetik mata apabila mata anda sudah merah, bengkak (merah-bengkak, tanda infeksi), atau jika sekarang ini sedang atau sudah menjalani operasi mata sampai dokter mengijinkannya.
  9. Jangan mewarnai bulu mata atau alis mata. Tidak ada bahan warna tambahan yang diperbolehkan oleh FDA (Food and Drug Administration) sebagai pewarna permanan atau dicelupkan pada alis dan bulu mata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar