Senin, 06 Juli 2009

Therapi Pijat; Terapi Pelengkap dan Alternatif Medis

Terapi pijat atau message therapy adalah praktek yang sudah ada sejak dari ribuan tahun. Ada banyak tipe dan jenis terapi pijat, semuanya melibatkan menggerakkan otot-otot dan jaringan-jaringan lunak lain pada tubuh. Di amerika serikat, terapi pijat terkadang menjadi bagian dari pengobatan medis konvensional. Disamping itu terapi pijat juga menjadi bagian dari pelengkap dan alternatif pengobatan medis (complementary and alternative medicine (CAM)). Dasar ini memberikan pendangan umum tentang terapi pijat yang digunakan sebagai CAM.

Nilai-nilai kunci
  1. Orang-orang menggunakan terapi pijat sebagai CAM untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan kesehatan, dari mengobati penyakit-penyakit dan kondisi kesehatan yang spesifik sampai kondisi-kondisi kesehatan secara umum.
  2. Para ahli tidak mengetahui secara pasti apa perubahan-perubahan yang terjadi di dalam tubuh selama pemijatan, apakah pijat memperngaruhi kesehatan, dan jika memang berpengaruh pada kesehatan, seberapa besar pengaruh tersebut. Sebuah organisasi bernama The National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM) mensponsori sebuah penelitian guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan mengidentifikasi tujuan yang manakah pijat yang bisa sangat membantu.
  3. Kelihatannya resiko terapi pijat akan jauh lebih kecil/minimal jika digunakan dengan benar dan diberikan oleh seorang pemijat professional yang terlatih.
  4. Beritahukan dan konsultasikan dengan pemberi pelayanan kesehatan (dokter, perawat, dll) tentang apapun bentuk terapi CAM yang anda gunakan atau anda pikirkan untuk menggunakannya, termasuk terapi pijat. Hal ini akan membantu anda guna memastikan keamanan dan perawatan kesehatan yang terkoordinir.
Pengenalan terapi pijat dan tujuannya.

Jangka waktu terapi pijat (biasanya hanya disebut pijat, untuk jangka waktu singkat (pendek); pijat juga berhubungan dengan sesi pengobatan individual) mencakup sekelompok teknik-teknik dan praktek. Ada lebih dari 80 jenis terapi pijat. Dari semua jenis pijat tersebut, seorang terapi pijat (pemijat/ message therapists) menekan, menggosok, dan selain itu juga menggerakkan otot-otot dan jaringan lunak lainnya pada tubuh, sering mengubah dengan bermacam-macam tekanan dan gerakan. Para therapis paling sering menggunakan tangan dan jari-jari tangan mereka, dan bisa juga menggunakan lengan bawah, siku atau kaki. Secara khusus, tujuannya adalah untuk melemaskan (mengurangi ketegangan)otot dan jaringan-jaringan lunak, meningkatkan suplai darah dan oksigen pada daerah-daerah pemijatan, menghangatkan daerah yang di pijat dan mengurangi rasa nyeri.

Beberapa contoh populer terapi pijat ini antara lain:
  1. Pijat Swedish, ahli terapi menggunakan elusan/usapan dalam waktu lama, mengurut, memijat, dan memberi gesekan pada otot dan menggerakkan sendi-sendi untuk membantu fleksibilitas.
  2. Deep tissue messaage, Seorang therapist memberikan pijatan dalam pada jaringan menggunakan usapan dengan pola tertentu dan tekanan jari yang dalam pada bagian otot-otot tubuh yang tegang, memfokuskan pada lapisan dalam otot dibawah kulit.
  3. Pijat trigger point massage (pressure point message), ahli terapi menggunakan bermacam tipe urut/pijat tetapi dengan lebih mendalam, lebih memfokuskan tekanan pada titik-titik permukaan otot pergerakan (myofascial trigger points — "simpul atau bundelan" yang bisa terbentuk di dalam otot, akan terasa nyeri apabila diberi tekanan, dan menyebabkan gejala-gejala di tempat lain.
  4. Pijat shiatsu, ahli pijat atau therapist menggunakan bermacam-macam, tekanan berirama (rhytmic pressure) dari jarinya pada bagian-bagian tubuh yang dipercaya merupakan bagian penting yang mengalirkan energi penting yang disebut Qi.
Kunjungi situs penyedia jasa layanan terapi pijat Tao Wellness Clinic yang menyediakan terapi pijat:
  1. Reflexology
  2. 30 menit dengan harga: $30.00
    60 menit dengan harga: $60.00

  3. Therapeutic Eastern Massage (Tui-Na)
  4. 30 menit dengan harga: $40.00
    60 menit dengan harga: $70.00

  5. Cupping therapy
  6. 30 menit dengan harga: $45.00

  7. Therapeutic Massage (R.M.T)
  8. 30 menit dengan harga: $45.00
    60 menit dengan harga: $80.00
    Penilaian awal dan pengobatan dengan harga: $120
    Tindak lanjut dengan harga: $80.00

  9. Complex Therapy Eastern Medicine dengan harga: $100.00
Lebih lengkapnya kunjungi situs berikut: Tao Wellness Clinic

Sejarah terapi pijat.

Terapi pijat (dan, secara umum, menyediakan tangan untuk tujuan kesehatan) sudah ada sejak ribuan tahun. Referensi memijat ditemukan dalam tulisan-tulisan kuno dari berbagai budaya, diantaranya zaman yunani kuno, zaman roma kuno, jepanng, china, mesir dan sebagian benua indian.

Di amerika serikat, terapi pijat awal menjadi terkenal dan diperkenalkan untuk berbagai tujuan kesehatan dimulai pada pertengahan tahun 1980-an. Pada tahun 1930-an dan 1940-an, popularitas pijat menurun, kebanyakan dikarenakan kemajuan ilmu dan teknologi dalam pengobatan medis. Ketertarikan dan minat pada pijat muncul kembali pada tahun 1970-an, khususnya diantara pada atlit olahraga.

Sebuah survey nasional pada Americans' use of CAM (dipublikasikan tahun 2004), menemukan bahwa 5 persen dari 31.000 orang yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut telah menggunakan terapi pijat dalam 12 bulan sebelumnya, dan 9,3 persen belum pernah menggunakannya.

Berdasarkan pada tinjauan terbaru, orang-orang menggunakan pijat untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan kesehatan; sebagai contoh untuk mengurangi dan menghilangkan nyeri (seringkali pada kondisi muskuloskeletal/otot dan tulang, tapi juga berbagai kondisi lain); rehabilitasi dari cedera karena olahraga; mengurangi stress; relaksasi; perasaan gelisah, cemas dan depresi; dan untuk bantuan atau pertolongan umum kesehatan.

Sumber: National Center for Complementary and Alternative Medicine: www.nccam.nih.gov.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar