Sabtu, 08 Agustus 2009

Kenapa anak saya belum bisa berbicara?

Banyak orang tua yang mengeluhkan kenapa anaknya berbeda dengan teman seumur yang rata-rata sudah bisa berbicara. Umumnya anak-anak sudah mulai berbicara yang sesungguhnya sejak usia 12 bulan, walaupun kadang pengujarannya belum sempurna.

Anak-anak yang belum dapat berbicara dapat disebabkan 2 hal, yaitu : pertama; terdapat gangguan pendengaran sehingga anak tidak dapat belajar mengenal bunyi, kedua; terdapat gangguan di pusat bicara di otak, dimana anak tersebut mendengar tapi dia tidak bisa menterjemahkan / mempelajari apa yang dia dengar.

Deteksi dini terhadap keadaan seperti ini akan dapat mengatasi keterlambatan anak dalam berbicara. Jika memang didapatkan adanya gangguan pendengaran, secara dini dapat dipakaikan alat bantu dengar, sehingga anak dapat belajar berbicara.

Banyak cara untuk mengetahui apakah anak kita dapat mendengar sejak bayi, seperti dengan adanya suara-suara, kita lihat apakah ada reaksi, baik dengan gerakan badan, mata atau kadang anak terkejut dengan suara keras.

Orang tua harus curiga jika anak sejak bayi tidak terganggu dengan suara-suara yang ribut / keras pada saat tidur.

Gangguan pendengaran anak juga dipengaruhi keadaan ibu selama kehamilan, seperti ibu menderita virus TORCH, cacar air atau sakit berat lainnya.

Saat ini sudah ada alat pendeteksi dini sejak bayi baru lahir, untuk mengetahui gangguan pendengaran, terutama bagi ibu dengan resiko tinggi tadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar