Senin, 03 Agustus 2009

Suara Serak

DEFINISI
Suara serak bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan suatu gejala dari penyakit, umumnya yang berhubungan dengan gangguan pita suara. Gangguan pita suara dapat terjadi karena adanya infeksi/peradangan pada tenggorokan, pemakaian suara yang berlebihan, pertumbuhan massa/tumor pada pita suara, gangguan saraf pita suara, trauma pada leher akibat benturan/pukulan, dan infeksi paru-paru.

anatomylarynx
Keterangan: Nasal cavity (rongga hidung), Laryngeal cavity (rongga tenggorok), Vocal cords (pita suara), Trachea (saluran napas), Esophagus (saluran makanan)


PENYEBAB
Penyebab paling sering umumnya adalah infeksi/peradangan pada tenggorokkan, biasanya karena infeksi saluran napas atas. Pemakaian suara yang berlebihan umumnya terjadi pada orang yang pekerjaan utamanya harus berbicara cukup lama seperti; guru, penyanyi, sales, umumnya disertai adanya infeksi / peradangan pada tenggorokkan.


PENGOBATAN
Pengobatan yang utama adalah mengistirahatkan pita suara dengan tidak banyak berbicara dan pengobatan sesuai penyebabnya. Yang perlu diwaspadai apabila suara serak lebih dari 4 minggu, harus segera diperiksakan untuk menilai gangguan pada pita suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar