Sabtu, 08 Agustus 2009

Tuli Mendadak

DEFINISI
Tuli mendadak (istilah medis: sudden deafness) merupakan keadaan emergensi di telinga, dimana telinga mengalami ketulian secara mendadak, terkadang tanpa disertai keluhan, umumnya mengenai satu telinga. Dikatakan emergensi karena keadaan ini seringkali menetap, jika tidak diketahui cepat penyebabnya.

Keluhan yang timbul biasanya, terjadi penurunan pendengaran yang berat secara tiba-tiba dapat disertai telinga berdengung (tinitus) dan rasa berputar (vertigo).

Penyebab pasti kadang sulit untuk diketahui, umumnya diakibatkan gangguan pada saraf telinga (pada rumah siput/koklea) oleh berbagai hal seperti; trauma kepala, trauma bising yang keras, infeksi virus, perubahan tekanan atmosfir, dan adanya kelainan darah.


Jalannya Suara


PENGOBATAN
Pengobatan pertama, pasien harus segera beristirahat baik fisik dan mental selama lebih kurang 2 minggu dan segera berobat ke dokter spesialis THT dan spesialis Penyakit Dalam untuk mencari penyebab dan pengobatan lebih lanjut. Masa emas (golden period) penyembuhan tuli mendadak ini, umumnya sekitar 4 minggu, karena lebih dari waktu itu ditakutkan penyembuhan tidak sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar