Kamis, 17 September 2009

Depresi Kerja dan Bagiamana Menghadapinya?

Apakah anda mengalami depresi? Konsultasi sudah anda mulai, dan bahkan anda sudah mulai mengandalkan obat-obatan, anda merasa bahwa diri anda tetap tidak berfugnsi dengan baik ketika bekerja. Obat anti depresi (Anti-depressants) perlu sekitar satu bulan agar bisa memberikan efek sepenuhnya, dan anda mungkin perlu waktu tambahan beberapa minggu penyesuaian guna menentukan sebuah pengobatan dosis yang efektif. Berkonsultasi juga menyita waktu. Anda mungkin memerlukan waktu beberapa bulan sampai depresi membaik.

Ada kesalahpahaman tentang depresi, oleh sebab itu ceritakan hal ini hanya dengan orang-orang yang perlu tahu atau orang-orang yang anda percaya. Menceritakannya dengan supervisor anda apabila anda merasa nymana melakukannya. Apabila anda memerlukan pengurangan jadwal anda, periksalah dengan program kesehatan karyawan di tempat kerja anda (kesehatan dan keselamatan kerja) atau mintalah catatan rekomendasi khusus pada dokter untuk bekerja.

Mebagi/memecah tugas atau pekerjaan anda kedalam bagian-bagian kecil. Beri semacam reward/penghargaan kepada diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan bagian kecil tersebut. Buat dan pertahankan kalender acara anda tetap uptodate, tidak ada deadline. Atur semacam checkpoint/penilaian dan mini deadline untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

Dapatkan resep pengobatan dari dokter. Tetap selalu berkonsultasi dan terhubung dengan dokter atau seorang counselor dibidangnya. Apabila keadaan dan kondisi tubuh anda memburuk, mempengaruhi pekerjaan anda, hubungi dokter/ counselor anda.

Departemen pengelolaan sumberdaya manusia atau juga kesehatan dan keselamtan kerja di perusahaan juga bisa membantu anda mencari dan menemukan therapis, pengobatan dan rujukan pelayanan atau dalam bentuk kelompok dukungan (group support).

Berikut ini beberapa tips tambahan yang bisa membantu apabila anda mengalami depresi:
  1. Olahraga teratur.
  2. Pola makan dengan diet yang sehat
  3. Hindari penggunaan alkohol dan obat-obat terlarang (drugs)
  4. Miliki dan luangkan waktu makan siang bersama dengan sejawat atau teman anda setiap hari, tidaklah penting mengisolasikan diri anda sendiri meskipun hal ini menggiurkan.
  5. Habiskan beberapa waktu anda untuk grooming (merupakan cara meningkatakan kepercayaan diri, misalnya dengan berpakaian yang rapi,dll) atau bahkan membeli perlengkapan atau pakaian baru yang membuat anda merasa lebih positif. Gantunglah ditempat yang anda suka. Anda akan merasa lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar