Senin, 28 September 2009

Tips Bugar – 10 Mitos Olahraga

Walapuan beberapa fiksi kebugaran dahulu kala, seperti “tidak ada rasa sakit”, “tanpa penambahan berat badan” dan “mengurangi kondisi buruk” telah memudar dengan cepat, banyak sekali kesalahpahaman olahraga populer masih tetap ada. Berikut ini beberapa mitos yang paling umum dan juga yang tidak sama sekali fakta umum berdasarkan pada penelitian terbaru mengenai olahraga.
  1. Anda akan membakar lebih banyak lemak apabila anda berolahraga lebih lama pada intensitas yang lebih rendah. Hal yang paling penting difokuskan dalam olahraga dan kontrol berat lemak adalah bukan presentase tenaga olahraga yang datang dari lemak tapi harga energi atau total tenaga, atau seberapa banyak kalori yang terbakar selama aktifitas. Sebagai contoh, semakin cepat anda berjalan, melangkah atau berlari, maka semakin banyak pula kalori yang anda gunakan tiap menitnya. Meskipun demikian, olahraga dengan intensitas tinggi mungkin sulit untuk dipertahankan jika anda baru saja memulai/pemula dalam dunia olahraga atau baru kembali berolahraga, sehingga anda mungkin tidak bisa berolahraga lebih lama pada tingkat ini. Yang lebih aman dan lebih praktis adalah mulailah melakukannya dengan intensitas lebih rendah dan dengan perlahan tingkatkan intensitas olahraga anda sampai batas intensitas maksimal dan pertahankan.
  2. Apabila anda tidak pergi bekerja dan sering menganggur, habiskan waktu tersebut untuk olahraga. Pikiran seperti inilah yang akan tetap menjaga banyak orang tetap berolahraga atau bahkan memulai program olahraga. Penelitian berkelanjutan menunjukkan bahwa apapun olahraga yang dilakukan itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Sebagai contoh, selalu jalan santai atau berkebun sedikitnya satu jam dalam satu minggu telah menunjukkan bisa mengurangi resiko serangan jantung.
  3. Yoga merupakan olahraga yang benar-benar aman dan lemah lembut. Yoga merupakan sebuah bentuk/jenis olahraga yang sempurna (excellent), tapi beberaaa gaya atau style yoga sangat keras dan menuntut secara fisik dan mental orang yang melakukannya. Seperti halnya dengan jenis atau tipe olahraga apapun, memenuhi syarat yang ditentukan, hati-hati menjalankan instruksi penting untuk dilakukan guna keamanan dan olahraga yang efektif.
  4. Apabila anda berolahraga dalam waktu yang cukup lama dan cukup berat, anda akan selalu memperoleh hasil yang anda inginkan. Pada kenyataanya, genetik memerankan peranan penting bagaimana individu memberikan respon pada olahraga. Penelitian telah menunjukkan perbedaan yang bervariasi tentang bagiamana perbedaan respon para olahragawan pada program latiahan olahraga yang sama. Perkembangan kekuatan anda, kecepatan dan daya tahan/ketahanan mungkin sangat berbeda dari orang lain yang anda tahu.
  5. Olahraga adalah satu cara pasti menurunkan semua berat badan yang anda dambakan. Penambahan atau penurunan berat badan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya konsumsi diet/dietary intake dan faktor genetik (genetics factor). Semua individu yang berolahraga tidak akan mengalami penurunan berat badan dalam jumlah yang sama meskipun dengan program olahraga yang sama. Mungkin saja jadi aktif dan tetap kelebihan berat badan. Akan tetapi, meskipun olahraga sendiri tidak menjamin akan berat badan ideal pada diri anda, aktifitas olahraga teratur adalah salah satu faktor terpenting untuk suksesnya manajemen dan pemeliharaan berat badan (weight management).
  6. Apabila anda menginginkan penurunan berat badan, jauhi olahraga kekuatan karena anda akan bertambah besar. Banyak para ahli olahraga percaya bahwa olahraga cardiovascular (olahraga jantung dan pembuluh darah) dan olahraga/latihan kekuatan, keduanya berarti untuk mengontrol/mempertahankan berat badan yang sehat. Latihan atau olahraga kekuatan membantu mempertahankan atau menjaga massa otot dan menurunkan presentase lemak tubuh.
  7. Program-program fitness air (Water Fitness Programs) terutama ditujukan untuk para usia lanjut/orang yang lebih tua atau olahragawan dengan cedera. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa Water Fitness Programs bisa menjadi sangat menantang dan efektif untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan. Bahkan para atlit/olahragawan top menyatukan Water Fitness Programs kedalam program latihan mereka.
  8. Sehat dan manfaat fitness dari olahraga pikiran dan tubuh (Mind-Body Exercise) seperti Tai Chi dan Yoga diragukan. Pada kenyataanya, penelitian menunjukkan manfaat-manfaat dari olahraga tersebut terus menerus meningkat. Tai chi misalnya, telah terbukti membantu mengobati nyeri punggung belakang (low-back pain) dan fibromyalgia. Meningkatkan dan memperbaiki fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi, postur/bentuk tubuh, kekuatan dan manajemen stress adalah hanya sebagian hasil dari mind-body exercise. Fibromyalgia adalah merupakan kumpulan gejala atau sydrome, kondisi kronis/menahun yang menyebabkan rasa nyeri, kekakuan, dan kepekaan pada otot-otot tubuh, tendon, dan sendi-sendi.
  9. Orang-orang dengan berat badan lebih (Overweight) tidak mungkin memperoleh banyak keuntungan dari olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan obesitas/kegemukan yang ikut serta dalam program olahraga secara teratur mempunyai resiko lebih rendah pada semua penyebab kematian daripada mereka yang pasif/duduk terus menerus, tidak perduli/perhatian dengan berat badan. Baik pria dan wanita pada semua ukuran dan bentuk tubuh serta tingkat kebugaran, dapat memperbaiki dan meningkatkan kesehatan mereka dengan meningkatkan aktifitas alakadarnya/sederhana.
  10. Olahraga di dalam rumah itu baik, tapi pergi ke tempat olahraga (Gymnasium) adalah cara terbaik mendapatkan kebugaran/fit. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang mencari kemudahan untuk mendekatkan program fitness berbasis rumah, program terbaik bagi anda adalah satu program yang akan anda ikuti secara konsisten.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar