Jumat, 23 Oktober 2009

Air dan Pemeliharaan Kesehatan yang Prima

Minum air adalah bagian yang sangat penting untuk kesehatan yang lebih baik. Ketika anda masih duduk dibangku sekolah, anda mempelajari bahwa setiap molekul air terdiri dari 2 atom hydrogen dan 1 atom oxygen. Apa saja yang mungkin belum pernah anda pelajari dan ketahui, bagaimanapun juga seberapa banyak air yang anda perlukan untuk menjadi manusia yang sehat perlu juga anda ketahui.

Mengapa anda perlu minum air?
Tubuh manusia diperkirakan sekitar 60-70 persen adalah air. Darah adalah hampir semuanya air, dan otot, paru-paru dan otak semuanya mengandung banyak air. Tubuh anda membutuhkan air untuk mengatur suhu tubuh (body temperature) dan menyediakan fasilitas/atau sarana transmisi/penyaluran nutrisi ke seluruh organ tubuh. Air juga mengangkut oksigen ke sel-sel, menghilangkan sampah yang tidak diperlukan.

Tanda-tanda dehidrasi (dehydration-kurang cairan).
Anda dapat kehilangan cairan tubuh melalui berbagai cara antara lain melalui urinasi/kencing, respirasi/pernafasan, dan melalui keringat. Apabila anda adalah seorang yang sangat aktif, anda akan lebih banyak kehilangan cairan dari pada ketika anda hanya duduk diam. Obat-obat Diuretic seperti pil caffein dan alkohol mengakibatkan kebutuhan untuk minum air yang lebih banyak dikarenakan mereka memperdayakan tubuh anda kedalam pikiran bahwa anda mempunyai lebih banyak cairan dari yang kita butuhkan.

Gejala-gejala dehidrasi sedang antara lain nyeri kronis (chronic pains) pada sendi-sendi dan otot, nyeri punggung belakang, sakit kepala dan konstipasi (constipation). Bau yang menyengat pada urine/air seni, serta warna urine kuning atau kuning kecoklatan menunjukkan kemungkinan bahwa anda tidak mendapatkan cukup banyak asupan cairan. Catatan bahwa, riboflavin, vitamin B, akan membuat urine anda berwarna kuning cerah. Haus adalah sebuah tanda yang jelas nyata dari dehidrasi

Berapa banyak air yang perlu anda minum?
Cara perkiraan yang baik adalah dengan menimbang berat badan anda dalam ukuran pounds dan bagi dua angkanya. angka hasil bagi tersebut memberikan anda jumlah angka dari banyaknya jumlah ons air yang perlu anda minum selama satu hari. Sebagai contoh, apabila berat badan anda 160 pounds (72,5 kg), anda sebaiknya minum sedikitnya 80 ons air per hari. Apabila anda berolahraga anda sebaiknya minum air 8 ons gelas tambahan setiap 20 menit anda aktif. Jika anda minum alkohol, anda sebaiknya minum air sedikitnya dalam jumlah yang sama. Pada saat sedang dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang, yang baik adalah minum 8 ons air tambahan untuk setiap 1 jam di atas pesawat. Apabila anda tinggal dengan iklim/musim kering, anda sebaiknya minum tambahan air 2 porsi per harinya. Seperti apa yang anda lihat, kebutuhan harian anda akan air bisa bertambah cukup banyak.

Dua puluh persen kebutuhan air yang kita perlukan bersumber dari makanan yang kita makan. Sedangkan 80 % sisa air yang kita perlukan bersumber dari minuman yang kita minum. Air putih adalah pilihan yang terbaik. Minuman bersoda mengandung banyak gula, oleh sebab itu, jika anda meminum minuman bersoda, mungkin jumlah kalori yang masuk akan berlebihan dari jumlah yang anda perlukan. Teh herbal yang bukan termasuk bertujuan diuretic juga baik dan bisa anda minum. Minuman olahraga berisi elektrolit dan mungkin bisa menguntungkan, hanya saja waspadai tambahan gula dan kalori yang tidak anda butuhkan. Sari buah (juice) adalah sumber yang baik karena mengandung vitamin dan nutrient.

Minum cukup air
Mungkin kita mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan cairan tubuh pada hari-hari dengan banyaknya aktifitas dan kesibukan. Pastikan anda mempunyai semacam water handy (air dalam genggaman tangan) sepanjang hari dengan sebuah botol air minum bersama anda ketika anda bekerja, traveling atau berolahraga. Apabila anda merasa bosan dengan mebawa air minum sederhana, tambahkan sedikit lemon atau jeruk sebagai sentuhan cita rasa minuman. Ada beberapa merek air minum bercita rasa tersedia dipasaran, tapi waspadalah akan ekstra tambahan kalori dan gulanya.

Sumber:
  1. Spigt MG, Kuijper EC, Schayck CP, Troost J, Knipschild PG, Linssen VM, Knottnerus JA. "Increasing the daily water intake for the prophylactic treatment of headache: a pilot trial." Eur J Neurol. 2005 Sep;12(9):715-8.
  2. Armstrong LE, Pumerantz AC, Roti MW, Judelson DA, Watson G, Dias JC, Sokmen B, Casa DJ, Maresh CM, Lieberman H, Kellogg M. "Fluid, electrolyte, and renal indices of hydration during 11 days of controlled caffeine consumption." Int J Sport Nutr Exerc Metab. 2005 Jun;15(3):252-65.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar