Sabtu, 03 Oktober 2009

Apakah Anda Terkena Stress?

Stress dalam hidup adalah hampir sama pastinya dengan kematian dan tagihan pajak. Yang datangnya dari berbagai sumber termasuk diantaranya career/pekerjaan, financial/keuangan dan relationship/hubungan interpersonal/kelompok. Apakah anda saat ini dan hari ini sedang menghadapi stressor (penyebab stress) atau anda mengalami stress yang berlangsung lama (kronik) dan yang berkelanjutan, anda sepertinya mulai menunjukkan beberapa gejala dan tanda stress. Maka, bagaimana anda mengetahui ketika anda sedang menghadapi begitu banyak stress yang mana sampai pada satu titik yang sudah tidak sehat lagi? Berikut ini beberapa gejala dan tanda terlalu banyak stress.

Ada beberapa tipe khusus nyeri kepala yang berhubungan dengan stress, khususnya ketegangan kepala (tension headache) merupakan jenis nyeri kepala yang paling sering. Apabila anda mengalami nyeri kepala terus menerus, stress paling mungkin berkaitan dengan sakit kepala tersebut. Ketegangan sakit kepala yang mengenai dua sisi kepala dan biasanya terasa seperti rasa sesak tepat pada dahi dan pada leher punggung.

Sering mengalami flu dan pilek
Jika anda benat-benar dalam tekanan stress, sistem kekebalan anda tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Stress akan berdampak pada melemahnya kemampuan tubuh anda dalam melawan virus dan bakteri, yang artinya anda menjadi lebih rentan dan mudah sakit ketika anda stress.

Terlalu banyak stress bisa melelahkan anda, tapi kondisi ini tidak membuat anda bisa tertidur. “Tidak ada kata tidur untuk lelah” adalah hal yang pasti terjadi pada orang-orang dengan tekanan stress yang sangat besar dan hal ini merampas tidur anda yang mana tidur ini berguna untuk restorasi kondisi tubuh anda.

Kecemasan
Kecemasan merupakan komponen penting ketika anda dalam situasi “hidup” atau “mati”, tapi jika anda merasa cemas sepanjang hari hal ini biasanya berkaitan dengan kenyataan bahwa anda mempunyai terlalu banyak hal-hal yang membuat anda stress. Kecemasan mungkin juga merupakan indikator bahwa anda mempunyai gangguan atau masalah kesehatan seperti gangguan kecemasan umum.

Berpikir yang tidak jelas
Apabila anda tidak dapat berpikir dengan benar, maka kemungkinannya adalah tubuh anda mengalami kehilangan hormon-hormon tubuh sampai pada suatu titik yang mana anda tidak dapat berpikir dengan selayaknya.

Perasaan frustasi
Jika saat ini anda sedang menghadapi banyak kebutuhan dalam satu moment, secara alami menyebabkan banyak orang (penderita) mudah tersinggung dan frustasi. Trik untuk mengatasinya adalah dengan menemukan cara-cara mencegah frustasi dan dengan segera menenangkan diri.

Penurunan libido (nafsu seksual)
Stress mempunyai banyak pengaruh pada diri anda melebihi dari apa yang mungkin anda tahu. Stress juga berpengaruh pada libido atau nafsu atau dorongan seksual seseorang. Jika anda saat ini terlalu lelah diakibatkan karena stress untuk melakukan sek, kemudian anda tidak ingin melakukan hubungan sex. Apabila anda terlihat tidak bisa meluangkan waktu untuk pasangan anda, maka hal ini juga mungkin sekali berkaitan dengan stress.

Hal-hal diatas hanya beberapa gejala-gejala bahwa stress dapat dimanifestasikan dalam tubuh dan pikiran anda. Apabila anda mengalami salah satu dari gejala-gejala diatas dalam hidup anda dan anda yakin gejala-gejala tersebut mungkin terkait dengan stress, maka anda mungkin memerlukan pemeriksaan/test stress untuk menentukan tingkat/keparahan stress yang anda derita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar