Rabu, 11 November 2009

Peringatan Bahaya Merokok Sudah Ada Sejak Tahun 1606

Peringatan Bahaya Merokok
Surat Seorang dokter yang ditulis lebih dari 400 tahun yang lalu telah mengungkapkan keprihatinan petugas medis terhadap bahaya merokok. Surat yang dibuat oleh Dr. Eleazar Duncon, digali oleh staf perpustakaan di Royal College of Physicians of Edinburgh (RCPE) - Scotlandia, ketika mereka menyiapkan sebuah pameran. Dan Professor Sir Neil Douglas, presiden RCPE, mengatakan surat tersebut memberikan wawasan menarik dari sejarah tentang merokok dan kaum muda.

Surat tersebut menyimpulkan bahwa tembakau begitu menyakitkan dan berbahaya bagi pemuda sampai-sampai memiliki nama khusus di Scotlandia, dan nama tersebut dikenal dengan nama Youths-Bane (kutukan pemuda) sebagai nama tembakau.

Presiden RCPE mengomentari surat itu dan berkata, "surat dari koleksi perpustakaan kami memberikan wawasan menarik mengenai sejarah perhatian medis tentang sifat adiktif merokok dan kaum muda, dan menunjukkan bahwa masalah ini telah menjadi perhatian selama lebih dari empat abad."

Dia melanjutkan, "Parlemen Skotlandia telah mengambil langkah politik, dan menunjukkan komitmennya untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh tembakau, dengan memperkenalkan Undang-Undang bebas asap rokok di tempat-tempat umum."

Namun, akan mudah bagi politisi untuk berpikir bahwa masalah-masalah yang terkait dengan tembakau telah diselesaikan dan melupakan fakta bahwa RUU yang diusulkan mencakup langkah-langkah penting yang bertujuan mengurangi merokok di kaum muda. Langkah-langkah ini terutama melibatkan batasan iklan dan melarang mesin penjual, yang keduanya mendorong dan mempengaruhi anak muda untuk merokok.

"Karena itu kami mendesak anggota parlemen Skotlandia dari semua partai untuk mendukung RUU yang penting ini dan untuk mengambil kesempatan bersejarah ini untuk mengurangi kerugian yang disebabkan oleh merokok pada kaum muda."

Jika hal ini disahkan oleh Holyrood the Tobacco and Primary Medical Services (Skotlandia), Undang-Undang ini akan melarang menampilkan rokok pada display dan produk tembakau lainnya, melarang mesin penjual rokok dan memperkenalkan sistem registrasi untuk pengecer tembakau. Anggota parlemen Skotlandia pada Health and Sport Committee juga mendesak Pemerintah untuk memasukkan ketentuan dalam Undang-Undang yang diusulkan itu yang akan membuat tindakan pidana bagi orang dewasa yang membeli tembakau untuk anak-anak di bawah umur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar