Jumat, 06 November 2009

Rahasia Tubuh Sehat

Rahasia mendapatkan tubuh yang sehat sebenarnya mudah dan tidak terlalu sulit, tapi semua itu pada prinsipnya sama yaitu perlu kedisiplinan sehari-hari. Manfaat tambahan, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Ada 5 area utama yang akan menjaga tubuh anda tetap sehat, tetap dalam bentuknya, fleksibel dan kuat. Artikel berikut ini akan menguraikan secara singkat 5 hal utama yang bisa anda kerjakan yang bisa anda mulai hari ini juga.

Cara termudah melakukan olahraga aerobik adalah jalan kaki. Jalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik bagi tubuh anda. Pastikan untuk memulai aktifitas olahraga anda secara perlahan sampai panas dan tingkatkan kecepatan secara perlahan setelah sekitar 3-5 menit. Untuk meningkatkan intensitasnya, dengan mudah dapat anda lakukan dengan sedikit memperpanjang langkah anda dan mempercepat laju langkah anda. Strategi lain untuk meningkatkan intensitas olahraga anda adalah dengan meningkatkan kecepatan anda dalam ledakan waktu yang singkat. Jogging juga olahraga yang bagus apabila tidak mengganggu lutut anda, misalnya lutut anda sakit atau karena kondisi lain yang menimbulkan ketidaknyamanan karena kegiatan jogging.

Sekedar buat pengetahuan saja bahwa, jalan kaki adalah sama baiknya dengan jogging jika anda melakukannya dengan cukup cepat. Anda tidak perlu berinvestasi dengan jumah uang yang besar. Yang anda perlukan adalah sepatu karet, dan mungkin juga tidak perlu sepatu jika anda jalan kaki di pantai.

Dengan durasi waktu 30 menit setiap hari telah menunjukkan menjadi jumah waktu yang optimal berolahraga. Jika anda sama sekali tidak mempunyai waktu, anda bisa membaginya ke dalam 2 atau 3 sesi latihan dengan durasi waktu sebagi berikut: 3 X 10 menit atau 2 X 15 menit.

Fleksibilitas seseorang menjadi penanda penting dari proses penuaan/usia. Yoga merupakan cara hebat untuk menjaga tubuh anda tetap fleksibel. Apabila anda tidak mempunyai waktu penuh untuk berolahraga yoga, cobalah untuk melakukan peregangan (stretching) setiap hari setelah anda melakukan olahraga aerobik. Usahakan lakukan peregangan pada seluruh bagian tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Balancing (keseimbangan).
Keseimbangan serta fleksibilitas, adalah hal-hal yang akan mengalami penurunan/berkurang seiring dengan bertamahnya usia/penuaan. Latihlah kedua hal ini meskipun hanya sedikit setiap hari dan anda akan lebih tidak mungkin untuk kehilangan kedua komponen ini. Yoga, sekali lagi, adalah cara lain yang hebat untuk membangun dan menjaga keseimbangan.

Ada beberapa pose/gaya dalam yoga yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan keseimbangan. Cobalah anda lakukan satu kali tiap satu hari. Gerakan sederhana yang bisa anda coba yaitu berdiri pada satu kaki dan pegang satu kaki yang lain rentangkan di depan paha. Sewaktu anda membangun keseimbangan tubuh dari waktu ke waktu cobalah untuk menyentuh jari kaki anda dengan tangan anda yang lain (bersilangan) sambil mempertahankan keseimbangan. Hal ini membantu mempertahankan mata anda tetap fokus pada satu titik. Lakukanlah selama 50-60 detik pada tiap-tiap kaki

Membangun kekuatan.
Anda tentu bisa bergabung dengan sebuah tempat kebugaranatau fitness dan angkat beban. Tapi beberapa pilihan lain yang lebih murah, yang kurang lebih sama baiknya, adalah sederhana saja dengan menggunakan berat badan anda sebagai gaya tahan (resistance). Cara termudah melakukannya adalah dengan melakukan yoga satu jam selama beberapa hari setiap minggunya.

Sebuah kelas dari olahraga yoga (yoga class) sangat baik, tapi untuk menghemat pengeluaran uang anda, saya menyarankan untuk membeli beberapa tipe kaset yoga dan memutarnya. Sebaiknya terlebih dahulu cari tahu dan melihat-lihat kaset vcd/dvd yoga dari sumber lokal setempat dan apabila anda menyukainya baru anda bisa membelinya. Atau anda juga bisa membelinya secara online melalui Amazon, situs penjulana online dan periksalah review-review berkaitan dengan produk dan carilah salah satu produk dengan rating review yang tinggi.

Apabila anda tidak berminat dan tidak ingin melakukan yoga, anda bisa melakukan olahraga pilates atau cobalah layanan online gratis resep olahraga teratur (free online workout regimen prescribed) oleh Dr. Roizen and Dr. Oz of “YOU: The Owner’s Manual.”

Bernafas dalam-dalam (Deep Breathing).
Deep breathing itu sangat penting, mengapa demikian? Sistem getah bening (lymph system) anda bergantung pada kontraksi dari otot-otot dan bernafas untuk menggerakkan cairan-cairan dari sistem getah bening keseluruh tubuh. Kenapa hal ini sangat penting? Sistem getah bening memiliki tiga fungsi yang saling terkait:
  1. Membuang kelebihan cairan dari jaringan tubuh
  2. Menyerap asam-asam lemak dan setelah itu mengangkut lemak, sebagai chyle (cairan viskositas berat yang merupakan katalisator), ke sistem sirkulasi.
  3. Memproduksi sel-sel kekebalan (immune cells).
Oleh sebab itu bagaimana cara anda mendapatkan porsi sehari-hari anda berkaitan dengan hal-hal diatas? Olahraga aerobik, yoga, dan atau cobalah berlatih deep breathing 2-3 kali tiap hari. Berikut ini adalah caranya:
  1. kosongkan paru-paru anda sampai benar-benar kosong dengan cara menarik mulut anda ketika anda menghembuskan nafas (exhale).
  2. Kemudian tarik nafas panjang masuk ke dalam.
  3. Lalu tahan nafas selama 2 kali panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk tarik nafas.
  4. Menghembuskan nafas selama 4 kali panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk tarik nafas.
  5. Lakukan hal ini 10 kali.
  6. Nikmati pemulihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar