Minggu, 20 Desember 2009

Beberapa Tip Gaya Hidup Sehat

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu anda dalam menjaga dan mempertahankan pola dan gaya hidup sehat. Tip-tip berikut ini akan membantu anda meningkatkan energi dan merasa seimbang serta lebih sehat. Adalah penting bagi anda untuk mengetahui apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Perhatikan apa yang anda makan.
Makanan sehari-hari anda sebaiknya terdiri dari diet/pola makan yang sehat dengan makanan yang bergizi dan seimbang. ketahuilah apa yang dibutuhkan oleh tubuh anda, dan pastikan tidak akan berlebihan, atau makan terlalu sedikit dapat turut berperan dalam menentukan gaya hidup yang lebih seimbang. Beberapa sumber bisa anda gunakan untuk mengetahui apa saja makanan yang anda butuhkan misalnya, dokter, ahli gizi atau buku tentang gizi dan sumber lainnya. Sarapan pagi adalah makan yang paling penting, jadi penting untuk membuat dan mengikutsertakan menu sehat untuk sarapan pagi anda sehari-hari!

Melawan kecanduan.
Hal ini berkaitan dengan makan atau tidak memakan makanan, serta konsumsi yang berlebihan dari hal-hal yang berbeda. Hal ini dapat mempermudah terjadinya ketidakseimbangan tubuh anda dan menimbulkan beberapa masalah.

Hal ini sebaiknya dilakukan setidaknya empat atau lima kali dalam seminggu dengan durasi tiap latihannya antara 30-60 menit. Dengan olahraga dapat membantu tubuh anda untuk terbentuknya otot pada beberapa area tubuh yang berbeda, membantu anda menurunkan berat badan dan dapat mencegah penyakit.

Tidur.
Apabila anda kurang tidur, hal ini menyebabkan tubuh untuk mulai menurun, melemah atau sakit. Pastikan bahwa anda merasa beristirahat dan mendapatkan jumlah waktu tidur yang tepat. Ini akan membuat tubuh anda bekerja dengan konsisten dan dengan kecepatan penuh setiap hari. Hal ini berdasarkan keyakinan bahwa tubuh berjalan melalui proses penyembuhan selama tidur. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi kesehatan anda untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup dan tepat.

Konsumsi vitamin dan suplemen yang diperlukan.
Hal penting lainnya adalah memberikan perhatian lebih pada bagian tubuh anda yanga anda rasakan tidak seimbang. Segera setelah adna mengetahuinya, anda bisa menyeimbangkannya melalui vitamin dan suplemen.

Tetap termotivasi.
Sering kali, kita mudah untuk giat berusaha ketika meningkatkan kesehatan kita selama dua minggu, kemudian berhenti begitu saja ketika kita kita tidak segera melihat hasilnya. Bagian utama dalam meningkatkan kesehatan adalah tetap konsisten dan termotivasi dalam melakukan aktifitas/olahraga atau upaya lain dalam meningkatkan kesehatan. Lakukan apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan kesehatan anda selalu anda perhatikan.

Jangan pernah berhenti belajar.
Ada beberapa pendekatan yang berbeda dengan apa arti meningkatkan kesehatan. Ini tidak hanya berhenti dengan diet, tetapi juga mengarah pada pendekatan holistik yang dapat menjadi bagian dari diet/pola makan anda. Selalu pelajari dari buku, penelitian-penelitian, sumber-sumber lainnya yang dapat bekerja dengan baik dan apa yang tidak dapat membantu anda dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan anda.

Berkonsultasi.
Ada beberapa penyedia layanan kesehatan dan gizi (nutritionists) yang dapat membantu anda. Jika anda tidak yakin mengenai langkah-langkah yang perlu anda ambil, anda bisa berhubungan dengan orang yang tepat untuk mengetahui apa yang perlu anda lakukan. Misalnya seorang dokter, ahli kesehatan masyarakat (public health), ahli gizi, seorang otivator olahraga dan seorang professional lainnya yang kompeten.

Selalu menyadari bahwa jika anda giat berusaha ke arah gaya hidup sehat, anda akan mulai merasakan perubahan pada fisik dan emosional. Anda akan merasa lebih terpenuhi dan gaya hidup yang seimbang. Dengan mengetahui apa yang perlu anda lakukan dan melakukan suatu tindakan tersebut, anda bisa menjamin bahwa anda akan dapat memiliki gaya hidup yang lebih energik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar