Senin, 28 Desember 2009

Makanan Penting Ketika Terserang Virus Influenza

Makanan Sehat
Influenza, biasa disingkat dengan flu, adalah penyakit pernapasan yang sangat menular yang disebabkan oleh virus influenza A atau B. Influenza muncul paling sering pada musim hujan. Ketika terserang virus influenza, sebaiknya anda memperhatikan makanan apa yang harus dikonsumsi, untuk meringankan penyakit Influenza anda.

Berikut jenis makanan yang bisa anda coba :

Jus Buah

Jus buah dapat meringankan sakit tenggorokan, radang, atau tenggorokan kering. Dapat juga membantu Anda tetap terhidrasi, yang merupakan bagian penting melawan influenza. Cukup cairan tubuh dapat menjaga dan membantu mengurangi hidung tersumbat. Beli jus buah yang banyak mengandung vitamin C, atau sebaiknya anda membuat sendiri dari 100% buah asli untuk memastikan anda mendapatkan cukup vitamin penting dan tidak kebanyakan air gula. Beberapa jenis buah yang bisa dicoba yaitu apel, anggur, atau stroberi.

Sandwich

Sandwich mengandung banyak protein yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi, sehingga dapat membantu memberikan energi tubuh untuk melawan penyakit. Coba tambahkan saus cranberry untuk memberi rasa dan kenyamanan pada makanan.

Jus Sayur

Sama seperti jus buah, jus sayur berguna untuk memulihkan kondisi tubuh ketika terserang influenza. Segelas jus sayur mengandung banyak antioksidan yang akan meningkatkan imunitas dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Sup Ayam

Ada beberapa bukti ilmiah yang mengatakan bahwa sup ayam dapat membantu proses penyembuhan dan memberikan efek anti-radang. Pada penelitian telah ditemukan bahwa sup ayam hangat dapat meningkatkan kemampuan silia (rambut kecil pada lubang hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang Putih

Sebisa mungkin tambahkan bawang putih sebagai bumbu pada masakan anda seperti sup. Bawang putih memiliki fungsi sebagai antimikroba, perangsang kekebalan tubuh, dan dapat mengurangi hidung tersumbat.

Jahe

Jahe adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk meredakan sakit perut, mual, dan diare. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe membantu memerangi peradangan.

Teh Hangat

Baik itu teh hijau maupun teh biasa, banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit. Bahkan hanya menghirup uap teh panas, dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. Tambahkan madu sebanyak satu sendok makan dan perasan lemon untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Pisang

Pisang merupakan makanan yang sangat baik untuk penderita yang mual, muntah, dan diare. Sebelum perut siap untuk makanan padat, ganti nasi dengan pisang atau bubur.

Roti

Roti atau biskuit merupakan pasangan yang baik untuk sup ayam dan sebagai pengganti nasi ketika nafsu makan berkurang.

Minuman Pengganti Makanan

Ketika nafsu makan sangat berkurang, anda tetap harus memperoleh cukup nutrisi. Cari minuman yang mengandung cukup protein, minimal 6 gram dan rendah gula sebagai penggantinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar