Sabtu, 26 Desember 2009

Manfaat Berjalan Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat dari berjalan - di sini hanya akan dijabarkan beberapa manfaat saja. Jika pernah ada obat mujarab untuk segala macam kondisi kesehatan, kebugaran dan awet muda, maka mutlak harus berjalan. Ada begitu banyak manfaat dari berjalan, sehingga jika satu persatu dirinci maka akan sangat sulit untuk membahasnya dalam satu artikel. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berjalan secara teratur mengalami insiden yang lebih rendah untuk terkena diabetes, stroke, penyakit jantung, kanker, dan penyakit sejenis lainnya.

Jalan cepat setiap hari dapat berbuat lebih untuk meningkatkan suasana hati (mood) daripada kunjungan ke psikiater atau menggunakan obat anti-depresi. Bagi kebanyakan orang berjalan adalah bentuk olahraga termudah, yang tidak memerlukan peralatan mahal, hanya sepasang sepatu yang tepat dan baik, dapat dilakukan secara praktis dalam segala cuaca dan lahan/medan, dapat dilakukan untuk semua usia, dari yang sangat muda sampai usia lanjut .

Di bawah ini adalah sebagian kecil manfaat utama berjalan.

Berjalan meningkatkan kebugaran paru dan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah-cardiovasculer)
Berjalan akan meningkatkan kapasitas paru-paru dan jantung untuk menyediakan, memenuhi oksigenasi darah ke otot-otot serta meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan oksigen guna pembentukan energi untuk aktivitas fisik. Hal ini juga akan membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Berjalan akan meningkatkan densitas atau Kepadatan Tulang
Karena berjalan adalah olahraga menahan berat, berjalan akan membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, terutama punggung bawah dan pinggul. Dengan demikian, hal ini akan mencegah terjadinya osteoporosis, dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya patah tulang pinggul, sebagai salah satu resiko bertambahnya usia/penuaan.

Berjalan membantu turut membantu mengendalikan Berat Badan
Badan berat dapat dikendalikan ketika salah sejumlah kalori dikeluarkan melalui olahraga fisik seperti berjalan. Cara terbaik untuk menjaga berat badan seseorang berada dalam kontrol adalah dengan memaksimalkan jumlah kalori yang dikeluarkan dikuti dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

Berjalan membantu membakar lemak
Dalam menjaga berat badan, disamping dengan membakar kalori melaui berjalan, cara lainnya adalah dengan berjalan membantu menjaga berat badan anda tetap dalam kontrol dengan membakar lemak. Bagi mereka yang mengalami obesitas/kegemukan dan mengarah pada gaya hidup yang statis/diam/menetap/tidak aktif dapat meningkatkan tingkat kebugaran mereka dengan berjalan, karena berjalan adalah bentuk olahraga terbaik untuk mengawalinya. Berjalan yang efektif untuk membakar lemak adalah berjalan dengan kecepatan tetap untuk jangka waktu lama.

Berjalan mengurangi Depresi
Penelitian telah membuktikan bahwa berjalan meningkatkan rasa harga diri dan suasana hati (mood) seseorang, serta mengurangi gejala-gejala kecemasan dan depresi. Ketika dilakukan dalam lingkungan yang menyenangkan bersama teman-teman, hal ini bisa menjadi cara hidup dalam hubungan sosial dan menjadi bentuk terapi relaksasi. Hal ini juga membantu membuat tidur lebih enak, yang juga membantu dalam menjaga suasana hati tetap seimbang.

Berjalan menjaga kesehatan otak
Selain menjadikan tubuh kita sehat, berjalan juga dapat menjaga otak berfungsi secara optimum pada fungsi terbaik, mengurangi kemungkinan penuaan yang dihubungkan dengan kerusakan mental. Hal ini memungkinkan dengan mengurangi risiko penyakit seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes, yang dapat mempengaruhi aliran darah ke otak, dan juga karena dengan berjalan mampu meningkatkan aliran darah ke otak sekaligus mengurangi tekanan darah. Selain itu, berjalan dengan teman-teman dan menikmati efek alam yang menenangkan juga membantu agar otak tetap terstimulasi dan muda.

Beberapa manfaat lain dari berjalan antar lain: mengurangi kemungkinan jatuh dan patah tulang karena meningkatkan kekuatan otot dan koordinasi; meningkatkan stamina; mengurangi resiko kanker usus besar (colon cancer), dan mengurangi efekefek melemahkan dari penyakit sendi degeneratif.

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari berjalan, dianjurkan untuk berjalan secepat mungkin yang anda bisa. Ketika anda berjalan cepat, jantung anda akan bekerja lebih keras daripada ketika berjalan biasa atau diam, namun tanpa denyutan/debaran cepat yang tidak nyaman, dan pernafasan anda juga akan lebih dalam, tapi masih bisa bercakap-cakap dengan baik. Akan tetepi, apabila anda sudah tidak pernah berolahraga setelah sekian lama, yang terbaik adalah memulai secara perlahan-lahan, untuk membangun kemampuan anda untuk berjalan cepat secara bertahap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar