Minggu, 27 Desember 2009

Penyakit Kienböck's

DEFINISI
Penyakit Kienböck's adalah matinya jaringan tulang karena kurangnya persediaan darah (avascular necrosis mempengaruhi tulang lunate pada tangan.

PENYEBAB
Penyebab penyakit yang secara relatif tidak biasa tidak diketahui. Hal ini terjadi lebih umum pada dominan tangan laki-laki berusia 20 sampai 45 tahun.

GEJALA
Gejala-gejalanya biasanya dimulai dari rasa sakit pada pergelangan tangan yang terjadi secara berangsur-angsur, pada daerah tulang lunate, yang mana pada pertengahan dasar pergelangan tangan.

Kadangkala, terjadi pembengkakan pada bagian atas pergelangan tangan, yang bisa menjadi kaku. orang tersebut tidak sadar terluka. Gangguan tersebut terjadi pada kedua tangan pada 10 % kasus dan seringkali terjadi pada para pekerja yang melakukan pekerjaan manual yang berat.

Diagnosa dilakukan pada tahap awal dengan magnectic resonance imaging (MRI) atau computed tomography (CT) dan kemudian dipastikan dengan sinar X.

PENGOBATAN
Operasi dilakukan untuk menghilangkan tekanan pada tulang lunate. Pengobatan alternatif diupayakan untuk mengalirkan kembali persediaan darah ke tulang.

Jika tulang lunate rusak, tulang pergelangan tangan kemungkinan diangkat atau dioperasi dipadukan sebagai usaha terakhir untuk menghilangkan rasa sakit. Upaya untuk mengobati penyakit ini dengan cara lain dibandingkan operasi tidak berhasil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar