Minggu, 31 Januari 2010

Biologi Kuku

DEFINISI
Kesatuan kuku terdiri dari piringan kuku dan struktur disekitarnya. Struktur ini termasuk alas kuku, yang mendasari kuku dan terbentuk menempel pada kuku sampai jari, susunan kuku, dimana diletakkan pada dasar kuku dan adalah bagian pada pertumbuhan kuku; kutikula, yang menghubungkan ujung piringan kuku dengan kulit dibelakangnya; dan lipatan kuku (lipatan pada kulit yang keras) pada samping piringan kuku, yang mana dimana kulit dan kuku tersebut bertemu.


Tahukah anda?

Beberapa bayi dilahirkan tanpa kuku, sebuah keadaan yang disebut anonychia


PENYEBAB
Kebanyakan gangguan bisa mempengaruhi kuku. Gangguan ini bisa mempengaruhi sebagian kesatuan kuku dan bisa berdampak pada penampilan piringan kuku itu sendiri. Gangguan kuku bisa diakibatkan dari :
  • Infeksi
  • Luka
  • Penyakit dalam (seperti penyakit paru-paru tertentu, yang bisa menyebabkan sindrom kuku kuning)
  • Masalah-masalah struktur (seperti kuku kaki yang tumbuh kedalam)

Perubahan Karena Usia

Dengan penuaan, kuku menjadi kering dan rapuh dan datar atau cekung sebagi ganti cembung. Mereka bisa menjadi membubung sepanjang panjang mereka. Warna kuku bisa berubah menjadi kuning atau abu-abu. Kuku rapuh bisa robek.

Kuku jari kaki memerlukan perhatian khusus pada orang tua dan pada orang dengan diabetes atau penyakit vascular peripheral. Beberapa orang bisa mengalami sensasi yang bururk pada kaki mereka, yang meningkatkan resiko pada luka dimana mereka berusaha untuk merapikan kuku mereka. Dokter kaki (podiatrist) bisa membantu merawat kuku mereka untuk mencegah kerusakan 'lokal dan infeksi tambahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar