Senin, 25 Januari 2010

Bursitis Tendo Achilles Posterior

DEFINISI
Bursitis Tendo Achilles Posterior (Deformitas Haglund) adalah peradangan bursa (kantong yang berisi cairan) yang terletak diantara kulit dari tumit dan tendo Achilles (tendon yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit).

Penyakit ini terutama terjadi pada wanita muda, tetapi juga bisa terjadi pada pria.
Berjalan dengan penekanan berulang pada jaringan lunak di belakang tumit yang berhadapan dengan bagian sepatu yang keras bisa memperburuk keadaan ini.


GEJALA
Pada mulanya timbul bintik kemerahan yang keras di tumit belakang sebelah atas. Jika bursa yang meradang membesar, akan tampak sebagai benjolan merah dibawah kulit tumit dan menyebabkan nyeri di tumit dan diatas tumit. Jika keadaan ini berlanjut, maka pembengkakan akan mengeras.


PENGOBATAN
Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi peradangan dan menyesuaikan posisi kaki di dalam sepatu untuk mengurangi penekanan pada tumit. Bantalan tumit dari karet busa atau kain felt bisa dipasang di dalam sepatu untuk menghilangkan tekanan karena pengangkatan tumit. Bisa juga dilakukan peregangan bagian belakang sepatu atau pemasangan bantalan di sekitar bursa yang meradang. Kadang diperlukan sepatu khusus unutk membantu mengendalikan pergerakan tumit yang abnormal.

Jika tindakan-tindakan diatas tidak berhasil, maka diberikan obat anti peradangan non-steroid (misalnya ibuprofen) untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Atau diberikan suntikan campuran kortikosteroid dan obat bius lokal ke dalam daerh yang meradang. Jika pemberian obat-obatan tidak juga berhasil mengatasi bursitis, maka dilakukan pembedahan untuk mengangkat tulang tumit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar