Selasa, 26 Januari 2010

Epikondilitis Lateralis

DEFINISI
Epikondilitis Lateralis (Backhand tennis elbow) merupakan kerusakan pada tendon yang berfungsi menekuk pergelangan tangan ke arah belakang menjauhi telapak tangan, yang menyebabkan nyeri pada lengan bawah sebelah belakang luar.


PENYEBAB
Rasa sakit pada otot-otot lengan bawah yang melekat pada sikut bagian luar akan timbul jika tempat perlekatan tersebut mendapatkan tekanan yang berlebihan. Epikondilitis lateralis paling sering terjadi ketika petenis baru melakukan pukulan backhand. Tenaga raket ketika memukul bola bisa merusak tendon karena tenaga ini bergulir ke ujung sikut.

Faktor-faktor yang meningkatkan kemungkinan terjadinya backhand tennis elbow adalah:
- Penggunaan pukulan backhand yang tidak tepat
- Otot bahu dan pergelangan tangan yang lemah
- Menggunakan raket yang terlalu pendek
- Memukul bola tidak pada pusat raket
- Memukul bola yang berat dan basah.


GEJALA
Gejala pertama yang muncul adalah nyeri ketika melakukan pukulan backhand atau gerakan lainnya yang menyerupai pukulan backhand. Nyeri dirasakan di sepanjang sikut bagian belakang luar dan lengan bawah sebelah luar. Melanjutkan permainan tenis akan menyebabkan penjalaran nyeri ke pergelangan tangan dan mengakibatkan nyeri ketika beristirahat.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Sikut terasa nyeri ketika penderita meletakkan lengan dan telapak tangannya diatas meja dan penderita berusaha untuk mengangkat tangannnya dengan cara menekuk pergelangan tangannya.


PENGOBATAN
Penderita sebaiknya menghindari berbagai aktivitas yang menyebabkan nyeri. Bisa dilakukan olah raga yang tidak menggunakan pergelangan tangan, seperti jogging, bersepeda atau bola basket. Latihan penguatan otot yang menekuk dan meluruskan pergelangan tangan bisa dilakukan setelah keadaan membaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar