Minggu, 03 Januari 2010

Gangguan Khayalan (Delusional Disorder)

DEFINISI
Gangguan khayalan ditandai dengan satu atau lebih keyakinan palsu yang berlangsung setidaknya 1 bulan.

Gangguan khayalan biasanya pertama kali mempengaruhi orang di pertengahan atau akhir kehidupan orang dewasa. Khayalan cenderung tidak aneh dan berhubungan dengan situasi yang bisa secara masuk akal terjadi dalam kehidupan nyata, seperti diikuti, diracuni, terinfeksi, cinta jarak jauh, atau ditipu oleh pasangan atau kekasih. Beberapa subjenis pada gangguan khayalan diketahui.

Pada erotomanic subtype, tema pusat pada khayalan adalah bahwa orang lain mencintai secara individual. Upaya untuk berhubungan dengan benda pada khayalan melalui panggilan telepon, surat, atau bahkan pengawasan dan mengikuti kemungkinan umum. Perilaku berhubungan dengan khayalan bisa mendatangkan konflik dengan hukum.

Pada grandiose subtype, orang tersebut berkeyakinan bahwa mereka memiliki talenta besar atau telah membuat beberapa penemuan penting.

Pada subtipe cemburu, orang tersebut berkeyakinan bahwa pasangan atau kekasih tidak setia. Keyakinan ini didasari pada kesimpulan yang tidak benar oleh ‘bukti’ yang meragukan. Di bawah beberapa keadaan, serangan fisik kemungkinan menjadi bahaya yang signifikan.

Pada subtipe penyiksa, orang tersebut percaya bahwa dia direncanakan untuk dilawan, diselidiki, difitnah, atau diganggu. Orang tersebut bisa mencoba berulang-kali untuk memperoleh keadilan dengan protes ke pengadilan dan para agen pemerintahan lainnya. Jarang, kekerasan kemungkinan dipilih untuk pembalasan penyiksaan yang dibayangkan.

Pada subjenis somatik, orang tersebut terlalu disibukkan dengan fungsi atau atribut tubuh, seperti kelainan atau bau fisik yang dibayangkan. Khayalan tersebut bisa juga mengambil bentuk kondisi kesehatan umum yang dibayangkan, seperti infeksi parasit.

GEJALA
Gangguan delusional bisa muncul dari gangguan kepribadian paranoid yang telah ada. Diawali pada masa dewasa dini, orang dengan gangguan kepribadian paranoid menunjukkan kecurigaan pervasiv dan kecurigaan pada orang lain dan motif mereka. Gejala-gejala awal bisa termasuk merasa dieksploitasi, terlalu sibuk dengan kesetiaan atau kepercayaan pada teman, membaca ancaman yang berarti ke dalam keterangan atau peristiwa yang tidak berbahaya, menyimpan dendam untuk waktu yang lama, dan bereaksi dengan segera dari perhatian yang meremehkan.


DIAGNOSA
Setelah menguasai kondisi tertentu lain yang berhubungan dengan khayalan, seorang dokter mendasari diagnosa pada gangguan khayalan sebagian besar pada riwayat orang tersebut. Hal ini sangat penting untuk dokter untuk menilai tingkat bahaya, terutama tingkat dimana orang tersebut ingin bertindak dalam khayalannya.


PENGOBATAN
Gangguan khayalan umumnya tidak menyebabkan kerusakan hebat. Meskipun begitu, orang tersebut bisa menjadi semakin terlibat dengan khayalan. Kebanyakan orang bisa tetap dipekerjakan.

Hubungan dokter-pasien yang baik membantu dalam pengobatan gangguan khayalan. Opname kemungkinan diperlukan jika dokter tersebut meyakini orang tersebut adalah membahayakan. Obat-obatan antipsikotis tidak umum digunakan tetapi kadangkala efektif dalam menekan gejala-gejala. Tujuan pengobatan jangka panjang adalah untuk mengangkat focus yang hilang orang tersebut dari khayalan ke daerah yang lebih membangun dan memuaskan, meskipun tujuan ini sering sulit untuk dicapai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar