Senin, 25 Januari 2010

Kuku Jari Kaki Yang Tumbuh Ke Dalam

DEFINISI
Kuku Jari Kaki Yang Tumbuh Ke Dalam (Ingrown Toenail) adalah suatu keadaan dimana ujung kuku tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya.


PENYEBAB
Ingrown toenail bisa terjadi jika kuku jari kaki yang memiliki kelainan bentuk tumbuh ke dalam kulit atau jika kulit di sekitar kuku tumbuh dengan cepat dan menutupi sebagian kuku. Hal lain yang juga bisa menyebabkan atau memperburuk ingrown toenail adalah pemakaian cat kuku, ukuran sepatu yang terlalu sempit dan pemotongan kuku yang membentuk lengkungan dengan ujung yang sangat pendek.


GEJALA
Pada awalnya ingrown toenails tidak menimbulkan gejala, tetapi akhirnya bisa menyebabkan nyeri, terutama jika daerah tersebut tertekan. Daerah yang terkena biasanya tampak kemerahan dan teraba hangat. Jika tidak diobati, cenderung akan terjadi infeksi. Daerah yang terinfeksi terasa sangat nyeri, tampak kemerahan dan membengkak dan bisa terbentuk lepuhan berisi nanah (paronikia).



DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik.


PENGOBATAN
Ingrown toenail yang masih ringan bisa diatasi dengan memotongnya, ujungnya diangkat secara perlahan dan dibawah kuku dimasukkan kapas steril sampai pembengkakan hilang. Selanjutnya peradangan akan mereda dan biasanya penyakit ini tidak akan kambuh lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar