Rabu, 20 Januari 2010

Mengasuh Anak Mampu Mengurangi Tekanan Darah Pada Orang Tua

Ibu dan Anak
Memiliki anak mungkin bisa membuat anda pusing, tidak bisa tidur malam dan sejumlah kekhawatiran tentang uang, kesehatan dan sekolah. Tapi menurut penelitian, membesarkan anak, benar-benar dapat menurunkan tekanan darah. Kesimpulan berasal dari sebuah penelitian pada 198 orang dewasa yang dilengkapi dengan monitor tekanan darah selama 24 jam ketika mereka menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Para peneliti juga memperhitungkan faktor lain yang dapat mempengaruhi tekanan darah, seperti kesehatan, usia, berat badan, olahraga, pekerjaan dan makanan-minuman.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Annals of Behavioural Medicine, dengan hasil penelitian, rata-rata tekanan darah sistolik 4,5 poin lebih rendah untuk orang tua (sudah memiliki anak) daripada yang belum memiliki anak. Sedangkan tekanan darah diastolik, 3 poin lebih rendah. Efeknya lebih kuat pada kalangan wanita, dimana wanita yang sudah memiliki anak memiliki rata-rata 12 poin sistolik dan 7 poin diastolik lebih rendah dibandingkan wanita tanpa anak.

Dr. Julianne Holt-Lunstad, yang memimpin penelitian di Brigham Young University di Provo - Utah mengatakan bahwa mengasuh anak dimana menurut sebagian orang sangat merepotkan, memberikan makna dan tujuan dari kehidupan, dan telah terbukti berhubungan dengan kesehatan yang memberi hasil lebih baik. Meskipun jumlah relawan yang terlibat dalam penelitian ini relatif kecil, peneliti mengatakan ukuran perbedaan antara orang tua dan pasangan yang tidak memiliki anak, tidak mungkin dijelaskan sebagai hanya kebetulan.

Ini tidak berarti semakin banyak anak, semakin baik (normal) tekanan darah seseorang. Hasil penelitian ini hanya terikat pada kata "orang tua", tidak peduli jumlah anak atau status pekerjaan. Semua relawan sudah menikah dan dalam keadaan kesehatan yang baik, dan 70% telah memiliki anak.

Pengukuran tekanan darah dilakukan pada interval waktu yang acak sepanjang hari. Relawan bahkan dipantau ketika mereka sedang tidur. Tahun lalu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Holt-Lunstad menemukan bahwa orang yang memiliki kebahagiaan dalam pernikahannya, rata-rata tekanan darah lebih rendah daripada orang yang masih bujang. Tetapi mereka yang berada dalam perkawinan yang tidak bahagia, memiliki tekanan darah yang terburuk dari semua kelompok dalam penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar