Senin, 25 Januari 2010

Neuralgia Tibialis Posterior

DEFINISI
Neuralgia Tibialis Posterior adalah nyeri di pergelangan kaki, kaki dan jari kaki, yang disebabkan oleh penekanan atau kerusakan pada saraf yang menuju ke tumit dan telapak kaki (saraf tibialis posterior).


PENYEBAB
Penekanan atau kerusakan pada saraf yang menuju ke tumit dan telapak kaki (saraf tibialis posterior). Saraf tibialis posterior berjalan di sepanjang betis bagian belakang, lalu melewati saluran tulang di dekat tumit dan masuk ke dalam telapak kaki. Jika jaringan di sekitar saraf ini mengalami peradangan, maka mereka akan menekan saraf dan menyebabkan nyeri.


GEJALA
Nyeri merupakan gejala utama dari penyakit ini. Nyeri bisa terjadi ketika penderita berdiri, berjalan atau menggunakan sepatu jenis tertentu. Biasanya dirasakan di sekitar pergelangan kaki dan menyebar ke jari kaki. Nyeri semakin memburuk bila penderita berjalan dan akan berkurang jika penderita beristirahat. Kadang nyeri juga timbul ketika penderita sedang beristirahat.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik. Jika daerah yang terkena ditepuk, akan timbul rasa nyeri, yang bisa menjalar ke tumit, lengkung telapak kaki arau jari-jari kaki. Pemeriksaan lainnya mungkin diperlukan untuk menentukan penyebab dari cedera, terutama jika penderita hendak menjalani pembedahan kaki.


PENGOBATAN
Untuk mengurangi nyeri, bisa disuntikkan campuran kortikosteroid dan obat bius lokal ke daerah yang terkena. Pembungkusan kaki dan pemasangan alat khusus di dalam sepatu bisa membantu mengurangi tekanan pada saraf. Jika kedua pengobatan tersebut tidak berhasil mengurangi nyeri, maka dilakukan pembedahan untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar