Sabtu, 30 Januari 2010

Otitis Eksternaleksternal

DEFINISI
Otitis eksternal adalah infeksi pada saluran telinga. Otitis eksternal bisa mempengaruhi seluruh saluran, seperti pada otitis eksternal keseluruhan atau hanya pada salah satu daerah kecil, seperti pada bisul (furuncle) atau jerawat.


PENYEBAB
Berbagai macam bakteri atau, jarang, jamur bisa menyebabkan ekternal otitis pada umumnya. Orang tertentu, termasuk mereka yang mengalami alergi, psoriasis, eksim, atau infeksi kulit kepala, terutama sekali mudah mendapat otitis eksternal. Melukai saluran telinga ketika membersihkannya atau kemasukkan air atau iritan seperti semprotan rambut atau pewarna rambut pada saluran sering menyebabkan otitis eksternal.

Otitis eksternal sering terjadi setelah berenang di kolam air alam, dimana hal ini kadangkala disebut telinga perenang. Penyumbat telinga dan alat bantu dengar membuat otitis eksternal lebih mungkin terjadi, terutama jika alat ini tidak dibersihkan dengan baik.


GEJALA
Gejala-gejala pada otitis eksternal umum adalah rasa gatal dan sakit. Kadangkala kotoran berwarna putih atau kuning berbau yang tidak menyenangkan keluar dari telinga. Saluran telinga tersebut bisa tidak mengalami pembengkakan, pembengkakan ringan, atau pada kasus yang berat menjadi bengkak yang benar-benar menutup. Jika saluran telinga bengkak atau terisi dengan nanah dan kotoran, pendengaran terganggu. Biasanya, saluran tersebut adalah lunak dan sakit jika telinga bagian luar (pinna) didorong atau jika tekanan diletakkan pada lipatan kulit pada bagian depan saluran telinga.

Untuk dokter melihat ke dalam saluran telinga melalui otoscope (alat untuk melihat saluran dan gendang telinga), kulit pada saluran tampak merah dan pembengkakan bisa berisi nanah dan serpihan. Bisul menyebabkan rasa sakit berat. Ketika mereka pecah, darah dan nanah dalam jumlah kecil bisa bocor dari telinga.


PENGOBATAN
Untuk mengobati otitis eksternal umum dari penyebab apapun, seorang dokter pertama kali mengangkat debris yang terinfeksi dari saluran dengan menghisap atau hanya menyeka dengan kapas kering. Setelah saluran telinga dibersihkan, pendengaran seringkali kembali normal. biasanya, seseorang diberikan antibiotik tetes telinga untuk digunakan beberapa kali sehari sampai seminggu. Beberapa tetes telinga juga mengandung kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan dan analgesik untuk mengurangi rasa sakit. Seringkali, otitis eksternal berhasil diobati dengan tetes telinga yang mengandung vinegar. Bakteri tidak berkembang dengan baik ketika keasaman normal pada saluran telinga dikembalikan. Jika saluran telinga sangat bengkak, dokter memasukkan sumbu ke dalam saluran agar tetesan tersebut masuk ke dalam.

Analgesik seperti acetaminophen atau codeine bisa membantu mengurangi sakit untuk 24 sampai 48 jam pertama, sampai peradangan mulai reda. Infeksi yang menyebar melebihi saluran telinga cellulitis kemungkinan diobati dengan antibiotik yang diberikan melalui mulut.

Pengobatan bisul bergantung pada seberapa lanjutnya infeksi tersebut. pada tahap awal infeksi, kompres panas bisa diberikan untuk waktu yang sebentar dan analgesik bisa diminum untuk membantu menghilangkan rasa sakit; panas juga bisa mempercepat penyembuhan. Bisul yang sudah matang dibka untuk mengeluarkan nanahnya. Antibiotik kemudian di oleskan atau diminum.


PENCEGAHAN
Telinga perenang kemungkinan dicegah dengan meneteskan cairan yang mengandung campuran alkohol dan cuka di dalam telinga sebelum dan sesudah berenang. Orang tersebut harus menghindari berenang di dalam air yang terpolusi, menggunakan semprotan rambut, dan menghabiskan waktu yang lama di air hangat, iklim yang lembab.

Berusaha untuk membersihkan saluran dengan lap kapas mengganggu mekanisme membersihkan-sendiri yang normal dan bisa mendorong serpihan ke dalam gendang telinga, dimana kotoran menumpuk. Juga, tindakan ini bisa menyebabkan kerusakan kecil yang mempengaruhi otitis eksternal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar