Senin, 04 Januari 2010

Pelarut Inhalan

DEFINISI
Di antara para remaja, inhalant digunakan lebih sering dibandingkan kokain atau LSD tetapi tidak sesering mariyuana atau alkohol. Penggunaan inhalant terutama sekali sebagai masalah pada anak usia 12 tahun atau lebih muda. Inhalant ditemukan pada banyak produk rumah tangga umum.

Produk tersebut kemungkinan disemprotkan ke dalam kantung plastik dan dihisap (mengantongi, dihirup, atau mendengus), atau sebuah pakaian yang direndam dengan produk tersebut kemungkinan ditempelkan di samping hidung atau di dalam mulut (huffing).

PENYEBAB
Bahan yang mengandung pelarut inhalan
  • Adesif
    • Lem pesawat terbang
    • Semen karet
    • Semen Polivinil klorida
  • Aerosol
    • Cat semprot
    • Hair spray
  • Palarut dan gas
    • Penghapus cat kuku
    • Pengahapus cat
    • Tip ex dan thinner
    • Bahan bakar gas
    • Pemantik rokok
    • Bensin
  • Pembersih
    • Cairan dry cleaning
    • Penghilang spot
    • Pelumas

GEJALA
Pengguna pada pelarut inhalant segera menjadi teracuni. Pening, mengantuk, pusing, mengacau, dan mengurangi kemampuan untuk berdiri dan berjalan (cara berjalan yang goyah) telah diteliti. Efek ini bisa berlangsung kapan saja dari beberapa menit sampai lebih dari satu jam. Pengguna bisa juga menjadi gembira-bukan karena bahan kimia tersebut perangsang. Kematian bisa terjadi, bahkan ketika pertama kali benda ini dihisap secara langsung, karena secara hebat pernafasan tertekan atau detak jantung yang tidak teratur (cardiac arrhythmia).

Beberapa orang, biasanya remaja atau bahkan anak kecil, menyalakan asap yang dihirup dengan korek, membuat api yang menjalar langsung ke hidung dan mulut ke dalam paru-paru. Luka bakar hebat pada kulit dan organ dalam bisa menjadi fatal. Yang lainnya meninggal kehabisan oksigen (asphyxiation) karena semprotan yang terhirup menyelimuti paru-paru, mencegah oksigen masuk ke aliran darah.

Penggunaan kronik atau terkena bahan kimia ini (termasuk bersentuhan di tempat kerja) bisa secara hebat merusak otak, jantung, ginjal. Hati, dan paru-paru. Sebagai tambahan, tulang rawan kemungkinan menjadi rusak, mempengaruhi produksi sel darah merah dan menyebabkan anemia.

Penyalahgunaan inhalan dari sisa penggunaan medis
Amyl nitrite, sebuah inhalant, telah sah digunakan secara medis. Dengan membesarkan arteri (dilating) pada jantung, amyl nitrite membuat oksigen lebih banyak mencapai otot jantung, dengan demikian meringankan nyeri dada disebabkan oleh pernyakit arteri koroner. Dua obat-obatan yang mendekati, butyl nitrite dan isobutyl nitrite, tidak digunakan secara medis. Amyl nitrite hanya bisa dijual dengan resep. Butyl nitrite dan isobutyl nitrite bisa dijual secara sah dengan tujuan komersil berhubungan dengan penggunaan mereka sebagai penyejuk-udara, tetapi penggunaan non komersil mereka dilarang. Semua ketiga obat-obatan nitrite ini secara singkat mengurangi tekanan darah, menghasilkan pening, dan menyebabkan muka merah, disertai dengan detak jantung yang cepat; efek kombinasi ini bisa menghasilkan sebuah perasaan senang dan gembira. Orang juga menggunakan obat-obatan ini karena mereka meyakini bahwa mereka akan mempertinggi kenikmatan seksual. Ketika digunakan bersama dengan sildenafil (sebuah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi), obat-obatan nitrite ini bisa secara hebat menurunkan tekanan darah, yang bisa menyebabkan pingsan, serangan jantung, atau stroke.

Nitrous oxide adalah sebuah gas (gas tertawa) yang telah sah digunakan dalam dunia kesehatan sebagai obat bius. Hal ini juga digunakan sebagai bahan pembakar dalam kaleng dan dispenser pada whipped cream. Nitrous oxide kadangkala disalahgunakan karena menghasilkan perasaan senang dan kenikmatan keadaan seperti mimpi. Terlalu lama bersentuhan dengan nitrous oxide bisa menyebabkan kekakuan dan kelemahan pada lengan dan kaki, yang bisa menjadi tetap.

Mengobati anak dan remaja yang menggunakan inhalant meliputi evaluasi setiap organ yang rusak. Yang juga meliputi edukasi dan konseling untuk memetakan kesehatan mental dan masalah-masalah sosiologi. Tingkat kesembuhan dari penggunaan inhalant antara paling buruk dari bahan perubah suasana hati.



PENGOBATAN
Mengobati anak dan remaja yang menggunakan inhalant meliputi evaluasi setiap organ yang rusak. Yang juga berhubungan dengan edukasi dan konseling untuk memetakan kesehatan mental dan masalah-masalah sosiologi. Tingkat kesembuhan dari penggunaan inhalant antara paling buruk dari bahan perubah suasana hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar