Senin, 25 Januari 2010

Sindrom Tarsal Tunnel

DEFINISI
Sindrom tarsal tunnel (posterior tibial neuralgia) adalah rasa sakit pada pergelangan kaki, kaki dan jari kaki yang disebabkan oleh tekanan atau kerusakan pada syaraf yang mensuplai tumit dan kaki (syaraf posterior tibial).

Syaraf posterior tibial menjalar ke betis bagian belakang, melalui saluran berserat di sekitar tumit, dan masuk ke kaki. Ketika jaringan di sekitar syaraf ini meradang, hal tersebut dapat menekan syaraf, menyebabkan rasa sakit.


GEJALA
Rasa sakit, gejala yang paling sering terjadi pada sindrom tarsal tunnel, biasanya rasa terbakar atau kesemutan. Hal itu dapat terjadi ketika seseorang berdiri, berjalan, atau menggunakan sepatu jenis tertentu. Daerah rasa sakit di sekitar kaki dan menjalar ke jari kaki biasanya makin parah selama berjalan dan bisa hilang dengan istirahat. Adakalanya, rasa sakit juga terjadi selama istirahat.


DIAGNOSA
Untuk mendiagnosa kondisi ini, seorang dokter memanipulasi kaki yang terkena selama pemeriksaan fisik. Contoh, mengetuk luka tersebut atau menekan daerah yang seringkali menyebabkan kesemutan, yang bisa menjalar ke tumit, telapak kaki, atau jari kaki. Tes lebih luas bisa dibutuhkan untuk memastikan penyebab luka, khususnya jika operasi kaki menjadi pilihan.


PENGOBATAN
Suntikan campuran kortikosteroid dan bius lokal ke dalam daerah tersebut bisa menghilangkan rasa sakit. Pengobatan lain termasuk membungkus kaki dan meletakkan alat orthotic yang dirancang khusus di dalam sepatu untuk mengurangi tekanan pada syaraf. Ketika pengobatan lain tidak menghilangkan rasa sakit tersebut, operasi untuk menghilangkan tekanan pada syaraf kemungkinan diperlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar