Senin, 25 Januari 2010

Taji Pada Tumit (Heel Spurs)

DEFINISI
Taji Pada Tumit (Heel Spurs) adalah pertumbuhan kelebihan tulang di tumit.


PENYEBAB
Heel spurs bisa disebabkan oleh penarikan berlebihan pada tulang tumit oleh tendon atau fasia (jaringan ikat yang menempel ke tulang). Resiko terjadinya heel spurs meningkat pada:
- Kaki rata (flatfoot, pendataran abnormal pada telapak kaki dan sudut dari kaki)
- Penyakit dimana sumbu tumit selalu berkontraksi sehingga memberikan tegangan berlebihan kepada fasia.


GEJALA
Heel spurs bisa menyebabkan nyeri di dasar tumit, terutama ketika penderita berjalan. Kadang sebuah kantong berisi cairan (bursa) terbentuk diluar taji dan mengalami peradangan. Keadaan ini disebut bursitis kalkanealis, yang biasanya menyebabkan nyeri berdenyut dan bisa terjadi tanpa adanya taji.

Kadang kaki beradaptasi dengan taji ini sehingga nyeri benar-benar menghilang pada saat taji membesar. Di lain pihak, taji yang tidak menimbulkan nyeri bisa menjadi nyeri setelah terjainya cedera ringan, misalnya setelah berolah raga.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik. Jika terdapat taji, maka penekanan di pusat tumit bisa menyebabkan nyeri. Untuk memperkuat diagnosis bisa dilakukan pemeriksaan rontgen.


PENGOBATAN
Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi nyeri. Campuran kortikosteroid dan obat bius lokal bisa disuntikkan ke dalam daerah yang terkena di tumit. Membungkus tumit dengan bantalan dan menggunakan pelapis sepatu bisa meminimalkan peregangan fasia dan mengurangi nyeri. Pembedahan dilakukan jika nyeri hebat yang menetap selalu timbul pada saat penderita berjalan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar