Selasa, 05 Januari 2010

Tanda dan Gejala Peringatan Serangan Stroke

Apabila anda atau seseorang yang tinggal bersama anda memiliki satu atau lebih dari tanda-tanda dibawah ini, jangan tunda lagi! Segera cari pertolongan!!!!
  • Tiba-tiba mati rasa atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh
  • Mendadak kebingungan, kesulitan berbicara atau memahami sesuatu.
  • Mendadak kesulitan untuk melihat pada satu atau kedua mata
  • Mendadak kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  • Mendadak, sakit kepala berat dan tanpa diketahui penyebab yang jelas.
Segera hubungi nomor tanggap darurat dari instansi pelayanan lokal anda sehingga ambulans (idealnya berisi dukungan bantuan pertolongan jiwa (live support) bisa segera datang kepada anda. Catat dan periksa waktu kejadian sehingga anda akan tahu kapan gejala pertama muncul. Merupakan hal yang sangat penting untuk sesegera mungkin mengambil tindakan. Jika diberikan dalam waktu tiga jam dari gejala awal, obat yang merusak bekuan/gumpalan darah yang disebut tissue plasminogen activator (TPA) dapat mengurangi cacat jangka panjang pada jenis atau tipe stroke yang paling umum terjadi. TPA adalah satu-satunya pengobatan yang disetujui U.S. Food and Drug Administration (FDA) untuk pengobatan stroke dalam waktu tiga jam dari permulaan gejala serangan stroke.

TIA, atau transient ischemic attack, adalah sebuah "peringatan stroke" atau "mini-stroke" yang menghasilkan gejala-gejala mirip stroke tapi tidak ada kerusakan permanen. Mengenali dan mengobati TIA dapat mengurangi risiko stroke utama. Gejala umum TIA adalah sama dengan stroke, hanya bersifat sementara. Durasi gejalanya berjalan singkat dan tidak adanya cedera otak permanen adalah perbedaan utama antara TIA dan stroke.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar