Kamis, 04 Februari 2010

Kapalan & Kutil

DEFINISI
Kapalan merupakan penebalan di daerah kulit bagian atas (stratum korneum atau lapisan keratin). Kutil merupakan daerah penebalan pada lapisan keratin di kaki dengan ukuran sebesar kacang polong.





PENYEBAB
Kapalan bisa timbul di bagian tubuh manapun, tetapi biasanya terbentuk pada telapak tangan atau telapak kaki yang sering mengalami gesekan atau tekanan. Kutil biasanya tumbuh di atas atau di sisi jari kaki dan merupakan akibat dari gesekan atau tekanan dari sepatu yang terlalu longgar atau terlalu sempit. Penebalan kulit merupakan reaksi perlindungan yang dirancang untuk melindungi kulit.


GEJALA
Pada kapalan, kulit tampak menebal dan keras; mungkin membentuk lapisan-lapisan dan kering. Kutil yang keras timbul diatas persendian jari-jari kaki; kutil di sela jari-jari kaki biasanya lunak. Kutil bisa menimbulkan nyeri karena kulit yang menebal menyebabkan penekanan terhadap tulang di bawahnya.





DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.


PENGOBATAN
Kutil dan kapalan lebih mudah dicegah daripada diobati. Kapalan bisa dihindari dengan menghilangkan sumber iritasi atau dengan menggunakan sarung tangan, bantalan atau alat pelindung lainnya. Obat pelarut keratin bisa menghilangkan kutil dengan segera. Obat ini (bahan keratolitik) biasanya mengandung asam salisilat, digunakan dalam bentuk pasta atau bantalan. Pemakaian keratolitik ini harus hati-hati karena bisa merusak jaringan normal di sekitarnya.

Kapalan juga bisa ditipiskan dengan menggunakan batu apung atau melalui penyayatan dengan pisau bedah oleh dokter atau perawat. Pada penderita diabetes, penyembuhan kutil dan kapalan terjadi secara lambat, terutama jika timbul di kaki. Karena itu penderita diabetes dianjurkan untuk memberikan perhatian khusus kepada kakinya.


PENCEGAHAN
Gunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dan lindungi tangan ketika melakukan pekerjaan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar