Kamis, 04 Februari 2010

Karsinoma Sel Skuamosa

DEFINISI
Karsinoma Sel Skuamosa adalah kanker yang berasal dari lapisan tengah epidermis. Penyakit Bowen adalah suatu bentuk karsinoma sel skuamosa yang terbatas pada epidermis dan belum menyusup ke jaringan di bawahnya (dermis). Kulit yang terkena tampak coklat-merah dan bersisik atau berkeropeng dan mendatar, kadang menyerupai bercak pada psoriasis, dermatitis atau infeksi jamur.


PENYEBAB
Lebih dari 90% kanker kulit tumbuh di daerah yang terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultra violet lainnya. Hal ini diduga merupakan penyebab utama dari semua jenis kanker kulit.

Faktor resiko lainnya adalah:
  • Faktor genetik (kanker kulit lebih sering ditemukan pada orang berkulit terang, mata biru atau hijau dan rambut pirang atau merah)
  • Pencemaran oleh bahan kimia
  • Pemaparan berlebihan oleh sinar X atau radiasi lainnya

GEJALA
Karsinoma sel skuamosa biasanya timbul pada kulit yang terpapar sinar matahari, tetapi bisa juga tumbuh di kulit manapun atau di tempat-tempat tertentu (misalnya lidah atau selaput mulut). Kanker ini bisa tumbuh pada kulit normal maupun pada kulit yang rusak akibat pemaparan sinar matahari (keratosis aktinik).

Karsinoma sel skuamosa berawal sebagai daerah kemerahan yang bersisik dengan permukaan berkeropeng yang tidak kunjung sembuh. Kemudian tumor akan tumbuh menonjol, kadang permukaannya menyerupai kutil. Pada akhirnya kanker menjadi sebuah luka terbuka dan tumbuh ke dalam jaringan di bawahnya.




Kebanyakan karsinoma sel skuamosa hanya mempengaruhi daerah di sekitarnya, yaitu menembus ke dalam jaringan di sekitarnya. Tetapi kadang terjadi penyebaran ke tempat yang jauh (metastase), yang bisa berakibat fatal.





DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya. Untuk membedakan kanker kulit dari penyakit lainnya, dilakukan biopsi (pengambilan contoh jaringan kulit untuk diperiksa dengan mikroskop).


PENGOBATAN
Karsinoma sel skuamosa dan penyakit Bowen diatasi dengan mengangkat tumor, baik dengan cara kuretasi dan elektrodesikasi maupun memotongnya dengan pisau bedah. Keratosis aktinik bisa berubah menjadi karsinoma sel skuamosa. Keratosis aktinik dihancurkan dengan larutan nitrogen atau krim fluorourasil.


PENCEGAHAN
Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan topi, kemeja lengan panjang, celana panjang atau rok panjang. Cahaya matahari yang paling kuat adalah di siang hari, karena itu hindarilah cahaya matahari pada siang hari. Gunakan tabir surya yang berkualitas tinggi (dengan SPF minimal 15). Oleskan tabir surya minimal setengah jam sebelum terkena cahaya matahari dan ulangi sesering mungkin.

Periksa kulit secara teratur, hal-hal yang perlu dicurigai adalah:
  • Adanya pertumbuhan baru yang membentuk tukak atau penyembuhannya lambat
  • Perubahan warna, ukuran dan struktur pertumbuhan di kulit atau adanya peradangan, nyeri, gatal atau perdarahan
  • Luka di kulit yang asimetris, batas pinggirannya tidak teratur, warnanya lebih dari 1 macam atau diameternya lebih besar dari 6 mm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar