Jumat, 05 Februari 2010

Kuku Jari Kaki yang Tumbuh ke Dalam

DEFINISI
Kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam adalah keadaan dimana pinggiran kuku tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya.


PENYEBAB
Kuku yang tumbuh ke dalam bisa terjadi ketika kelainan bentuk kuku jari kaki bertumbuh tidak semestinya ke dalam kulit atau ketika kulit di sekitar kuku cepat tumbuh dengan tidak normal dan menelan bagian kuku. Menggunakan sepatu yang sempit, dan tidak pas dan memotong kuku tersebut menjadi melengkung dengan pinggiran pendek daripada lurus melintang bisa menjadi penyebab atau memperburuk kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam.


GEJALA
Kuku yang tumbuh ke dalam bisa tidak menghasilkan gejala-gejala pada awalnya tetapi dengan segera bisa menjadi menyakitkan, khusunya ketika tekanan mengenai daerah yang tumbuh ke dalam. Daerah tersebut biasanya merah dan menjadi hangat. Jika tidak diobati, daerah tersebut mudah menjadi infeksi. Ketika terinfeksi, daerah tersebut menjadi lebih menyakitkan, merah, dan bengkak. Nanah bisa menumpuk di bawah kulit di samping kuku (infeksi pada kutikula disebut paronychia) atau cantengen dan dikeringkan.


PENGOBATAN
Untuk kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam ringan, dokter bisa dengan lembut mengangkat pinggiran kuku keluar dari bawah kulit disekitarnya dan menempatkan kapas steril di bawah kuku sampai bengkak tersebut hilang. Jika kuku yang tumbuh ke dalam memerlukan perhatian lebih, dokter biasanya memati rasakan daerah tersebut dengan bius lokal (seperti licodaine), kemudian memotong dan mengangkat bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Peradangan bisa kemudian reda, dan kuku yang tumbuh ke dalam biasanya tidak terjadi lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar