Jumat, 05 Februari 2010

Lymphangitis

DEFINISI
Lymphangitis adalah peradangan pada satu atau lebih pembuluh darah lymphatic, biasanya disebabkan oleh infeksi streptococcal.


PENYEBAB
Bakteri streptococci biasanya memasuki pembuluh darah lymphatic (bagian dari sistem kekebalan tubuh) dari goresan atau luka pada lengan atau kaki. Seringkali, infeksi streptococcal pada kulit dan jaringan hanya di bawah kulit (cellulitis) menyebar menuju pembuluh getah bening. Kadangkala, staphylococci atau bakteri lain adalah penyebab tersebut.


GEJALA
Merah, tidak teratur, hangat, lapisan lembut terbentuk di atas kulit pada lengan atau kaki yang terkena. Lapisan tersebut biasanya merenggang dari daerah yang terinfeksi menuju kelompok kelenjar getah bening, seperti pada lipatan paha atau ketiak. Kelenjar getah bening menjadi membesar dan terasa lunak.

Gejala umum termasuk demam, panas-dingin, detak jantung cepat, dan sakit kepala. Kadangkala gejala-gejala ini terjadi sebelum goresan merah timbul. Penyebaran pada infeksi yang berasal dari sistem getah bening ke dalam aliran darah bisa menyebabkan infeksi seluruh tubuh, seringkali dengan kecepatan mengejutkan. Kulit atau jaringan sepanjang pembuluh getah bening menjadi meradang. Jarang, borok kulit terbentuk. Kadangkala, bakteri memasuki aliran darah (bakteremia).


DIAGNOSA
Diagnosa pada lymphangitis didasarkan pada penampakan khas itu sendiri. Tes darah biasanya menunjukkan bahwa jumlah sel darah putih telah meningkat untuk melawan infeksi. Dokter mengalami kesulitan mengidentifikasikan organisme yang menyebabkan infeksi sampai organisme tersebut telah menyebar melalui aliran darah atau nanah bisa diambil dari luka pada daerah yang terkena.


PENGOBATAN
Kebanyakan orang cepat sembuh dengan antibiotik yang membunuh staphylococci dan streptococci, seperti dicloxacilin, nafcillin, atau oxacillin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar