Senin, 15 Februari 2010

Mucocutaneous Kandidiasis Kronis

DEFINISI
Mucocutaneous Kandidiasis kronis adalah penyakit imunodefisiensi turunan dimana limposit T rusak. Karena limposit T rusak, tubuh kurang dapat memerangi infeksi fungal, termasuk infeksi ragi. Kemampuan untuk berjuang melawan infeksi lain tidak berkurang. Infeksi dengan jamur Candida (candidiasis) berkembang dan bertahan, biasanya mulai selama masa pertumbuhan tetapi kadang-kadang selama masa dewasa awal.

Jamur mungkin menyebabkan infeksi mulut (guam) sama seperti infeksi kulit kepala; kulit; kuku; dan selaput sepanjang mulut, mata, saluran pencernaan, dan saluran reproduksi. Keparahan bervariasi: penyakit dapat mempengaruhi satu buah kuku atau menyebabkan bercak ruam yang meliputi wajah dan kulit kepala. Rambut mungkin rontok. Hepatitis dan penyakit paru-paru kronis kadang-kadang berkembang. Banyak orang juga mengalami gangguan endocrine, seperti kelenjar parathyroid kurang aktif (hypoparathyroidism).

Biasanya, infeksi bisa diobati dengan obat antifungal nystatin atau clotrimazole yang dioleskan di kulit. Infeksi hebat, jarang terjadi, memerlukan obat antifungal lebih kuat, seperti itraconazole diberikan melalui mulut. Biasanya, penyakit ini kronis tetapi tidak mempengaruhi keselamatan hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar