Jumat, 05 Februari 2010

Onikomikosis

GEJALA
Kuku yang terinfeksi memiliki bentuk yang tidak normal tetapi tidak gatal atau terasa sakit sekali. Infeksi ringan hanya memberikan sedikit gejala atau bahkan tidak menimbulkan gejala. Pada infeksi yang lebih berat, kuku tampak keputihan, menebal dan terlepas dari dasar kuku. Biasanya sisa-sisa peradangan terkumpul dibawah ujung kuku.


PENYEBAB
Sekitar 10% orang yang mengalami onychomycosis, yang mana sering sekali mempengaruhi jari kaki dibandingakn dengan jari tangan. Jamur bisa diperoleh melaui hubungan dengan orang yang terinfeksi atau berhubungan dengan permukaan seperti lantai kamar mandi dimana jamur tersebut ada. Jamur biasanya terjadi sebagai bagian pada infeksi yang disebut kaki atlet. Orang yang lebih tua, orang yang menderita diabetes, dan orang yang sedikit sirkulasi pada kakinya yang terutama mudah terinfeksi janur.


DIAGNOSA
Seorang dokter biasanya membuat diagnosa berdasarkan penampakan pada kuku. Untuk memastikan diagnosa, dokter bisa memerlukan untuk meneliti contoh potongan kuku dibawah mikroskop dan dipelajari untuk memastikan yang mana jamur yang menyebabkan infeksi.


PENGOBATAN
Infeksi fungus sulit untuk disembuhkan, sehingga pengobatan bergantung pada seberapa parah atau mengganggunya gejala-gejalanya. Jika pengobatan dibutuhkan, dokter bisa meresepkan itraconazole atau terbinafine digunakan dengan mulut. Meskipun obat-obatan ini digunakan untuk jangka waktu yang lama (sekitar 3 bulan), mereka tetap dibatasi untuk lapisan kuku dan dilanjutkan untuk efektif setelah penggunaan obat dihentikan.

Ciclopirox, sebuah obat anti jamur yang dioleskan di pernis kuku, tidak efektif sekali ketika digunakan sendirian tetapi bisa memperbaiki tingkat kesembuhan ketika digunakan sebagai tambahan obat-obatan yang diminum. Terutama sejali infeksi yang membandel. Ciclopirox bisa jadi membantu untuk orang yang tidak bisa memakai onat-obatan secara oral untuk alasan kesehatan lainnya.

Untuk membatasi kemungkinan kambuh, kuku harus tetap pendek, kaki harus dikeringkan setelah mandi, kaus kaki yang menyerap keringat harus dipakai, dan bedak kaki anti jamur kemungkinan digunakan. Sepatu yang lama bisa dilindungi dari kepadatan tinggi pda spora jamur, jika mungkin, harus tidak dipakai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar