Jumat, 05 Februari 2010

Rosaea

DEFINISI
Rosasea adalah suatu kelainan kulit yang menetap, yang menyebabkan timbulnya jerawat-jerawat kecil yang berwarna kemerahan dan pecahnya pembuluh darah, biasanya di tengah-tengah wajah. Rosasea biasanya muncul selama atau setelah usia pertengahan.


PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui. Penyakit ini disertai dengan pelebaran pembuluh darah yang berada tepat di bawah kulit. Paling sering ditemukan pada orang-orang yang mudah mengalami memar. Rosasea bisa ditemukan bersama penyakit kulit lainnya (jerawat, seborea) atau penyakit mata (blefaritis, keratitis).


GEJALA
Wajah tampak kemerahan, bisa hanya pada bagian wajah tertentu atau pada seluruh bagian wajah. Pada wajah juga ditemukan telangiektasi (pelebaran pembuluh darah kecil). Terjadi penebalan kulit, terutama di sekitar hidung sehingga hidung tampak merah disertai banyaknya kelenjar minyak dan membengkak . Keadaan ini disebut rinofima. Bentuk hidung tampak seperti bola lampu dan kulitnya berminyak. Kadang rosasea timbul di batang tubuh, lengan dan tungkai.




DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.


PENGOBATAN
Penderita sebaiknya menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di kulit, seperti makanan yang pedas, alkohol, kopi dan soda yang mengandung caffeine. Antibiotik per-oral (melalui mulut) bisa mengatasi rosasea; yang paling efektif dan menimbulkan paling sedikit efek samping adalah tetracycline. Antibiotik salep/krim (misalnya gel metronidazole) juga efektif.

Untuk mengembalikan bentuk hidung seperti semula pada rinofima, biasanya dilakukan pembedahan, bisa dengan sinar laser atau dermabrasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar