Sabtu, 27 Februari 2010

Terapi Kombinasi

DEFINISI
Untuk beberapa kanker, pendekatan terbaik adalah kombinasi pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Pembedahan atau terapi radiasi mengobati kanker yang dibatasi secara lokal, sedangkan kemoterapi juga mematikan sel kanker yang sudah menjalar ke tempat jauh. Kadang-kadang terapi radiasi atau kemoterapi diberikan sebelum pembedahan untuk menyusutkan tumor, sehingga memperbaiki kesempatan untuk pengangkatan operasi secara tuntas.

Terapi radiasi dan kemoterapi dosis rendah setelah pembedahan membantu untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa. Stadium kanker seringkali menentukan apakah terapi tunggal atau kombinasi yang diperlukan. Misalnya, kanker payudara tahap awal mungkin diobati dengan pembedahan saja atau pembedahan digabung dengan terapi radiasi, kemoterapi, atau dengan ketiga-tiganya, bergantung pada ukuran tumor dan resiko kambuhnya. Kanker payudara yang parah di daerah setempat biasanya diobati dengan kemoterapi, terapi radiasi, dan pembedahan.

Terkadang kemoterapi kombinasi digunakan bukan untuk mengobati tetapi mengurangi gejala dan memperpanjang hidup. Kemoterapi kombinasi bisa berguna bagi orang dengan kanker parah yang tidak cocok dengan terapi radiasi atau perlakuan operasi (misalnya, kanker sel paru-paru bukan kecil yang tidak bisa diangkat, kanker esophageal, atau kanker kandung kemih).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar